Tiga Peran

Saat ini saya ingin sedikit menyimpulkan kondisi diri sekarang, agar lebih terpetakan –saya suka memetakan sesuatu, mencari pola, benang merah, dst.- yaitu berdasarkan peran.

Yang pertama adalah sebagai seorang insinyur, saya perlu melakukan kegiatan perekayasaan, hacking –untuk proyek pribadi, lembaga, atau komunitas-, pengelolaan laboratorium pribadi-lembaga, dan yang berhubungan. Untuk memudahkan, saya masukkan penelitian pada tugas insinyur :D

Yang kedua adalah sebagai seorang guru, saya perlu melakukan kegiatan perencanaan pembelajaran, mempelajari materi, membaca, menulis, dan membuat presentasi yang baik.

Yang ketiga adalah sebagai seorang muslim, saya perlu melakukan kegiatan membaca kitab yang wajib dibaca, dipahami, dan diamalkan, termasuk buku-buku ilmiah, sirah, mengikuti kajian luring atau/dan daring. Minimal untuk mengurangi kebodohan saya, seperti yang diungkapkan oleh Imam Ahmad bin Hambal.

Waktu memang sempit, tapi pertanyaannya mengapa untuk perkara-perkara dunia kita mudah menyempatkan waktu? sedang dunia itu cepat rusak, cepat kadaluarsa.

Bagi saya, pemetaan berdasarkan peran ini merupakan bentuk proses penyederhanaan hidup, saya perlu menjalankan tiga peran ini dan meletakkan selain ketiga tersebut pada prioritas lebih rendah.

Mungkin suatu saat peran saya akan bertambah. Semoga mampu. Bismillah.

2 thoughts on “Tiga Peran

  1. Ping balik: Kampus dan Rumah « stwn.ngeblog.

  2. za

    Seru juga Wan, dipetakan. Biar lebih sistematis ya. Hihihi…

    Semoga setiap langkah yang kita buat semakin mendekatkan kita pada tujuan :-)

    Balas

Tinggalkan Balasan

