Pindahan Blog Selesai

Setelah melakukan backup isi direktori home di hosting, ekspor-impor WordPress eXtended RSS (WXR), dan yang terakhir adalah melakukan pengalihan permintaan dari stwn.ngeblog.net ke stwn.wordpress.com, akhirnya selesai juga pindahan blog dari tempat lama ke sini.

Alasan kenapa pindah adalah karena saya agak repot mengurusi administrasi dan pemeliharaan seperti pemutakhiran, peningkatan versi mesin blog, spam, kutu, keamanan, dan hal-hal yang berhubungan.

Selain itu juga karena faktor ketakabadian, istilah baru nih :d. Saya harus siap bahwa mungkin suatu saat saya tak bisa melakukan aktivitas perpanjangan, transfer pembayaran, dst., jadi bisa saja domain dan hosting hilang tanpa jejak, berikut juga isinya.

Oleh karena itu, –resmi banget– saya memindahkan blog untuk menghilangkan atau minimal mengurangi dua faktor tersebut. Jadi, saya relatif hanya fokus kepada isi saja, setelah itu ongkang-ongkang :D

Untuk pemilihan tempat baru blog, saya mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi *kayak apaan*

  1. mesin blog adalah WordPress, selain karena Free Software atau software merdeka –lihat lisensi-, juga masalah interoperabilitas data alias isi. Impor dari blog lama lebih mudah dan cepat, backup ke satu berkas WXR ketika blog ini berjalan juga bisa, misal mau balik lagi ke pacar tempat lama atau yang baru juga sangat memungkinkan *coret blogspot*
  2. wordpress.com kemungkinan belum mau tutup atau bangkrut dalam 5 tahun ke depan, jadi blog saya masih bisa nangkring terus di sini, sambil kadang-kadang –kalau ingat- di-backup isinya lewat ekspor berkas WXR dan disimpan di media penyimpan lokal, atau bisa saja diotomatisasi?

Yak, demikianlah informasi kepindahan blog ini. Semoga bermanfaat, tak lupa saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jika berminat, sila melihat blog stwn yang lain seputar aktivitas di sekolahnya di stwn.blog.unsoed.ac.id.

Sampai jumpa di lain kesempatan.

Wassalam.

Tinggalkan Balasan

