SO dan Distro Linux

Dua hari kemarin saya sempat ditanya mengenai distribusi GNU/Linux, dimana akhirnya saya perlu menjelaskan apa yang saya tahu mengenai Sistem Operasi (SO).

Sekarang ini dapat dikatakan ada dua jenis gaya sistem operasi arus utama yaitu varian Windows dan Unix. Di Windows ada 3.1, 95, 98, XP, sampai 7. Varian Unix ada *Solaris, Minix, GNU/Linux, *BSD, termasuk Mac OS X yang menggunakan Darwin, pengembangan dari NeXTSTEP dan upgrade dari kode proyek FreeBSD.

Kemudian penjelasan dilanjutkan dengan distribusi GNU/Linux yaitu sekumpulan program yang membangun sebuah sistem dari kernel sampai antarmuka pengguna. Komponen yang digunakan adalah kernel Linux, program-program dari proyek GNU atau proyek lain yang sebagian besar di bawah GNU GPL dan/atau lisensi lain.

Untuk mengembangkan distribusi GNU/Linux secara cepat dan mudah adalah dengan menggunakan program seperti Live Magic, Remastersys, Reconstructor, Revisor, dan Linux Live.

Kekurangan dari program-program di atas khususnya yang berantarmuka grafis adalah kurang fleksibel bagi pengembang distro yang ingin benar-benar melakukan kustomisasi yaitu karena fungsi dan opsi yang disediakan di antarmukanya terbatas.

Cara yang perlu dilakukan menjembatani hal ini adalah dengan turun ke tingkat yang lebih bawah, misal pengguna Live Magic dapat menggunakan dan memodifikasi langsung live-helper sebagai “mesin” pembangun.

Dari sini nanti kita lebih mudah dan fleksibel dalam melakukan kustomisasi sehingga akhirnya dapat menghasilkan distro GNU/Linux yang tidak hanya remaster saja tapi merupakan turunan.

Secara mudah, inti dari pembuatan distribusi GNU/Linux adalah target dan daftar paket, tapi buntutnya itu bisa panjang dan kemana-mana :D

Catatan: untuk memudahkan penjelasan, saya berbicara dengan definisi umum bahwa sistem operasi adalah kernel dan program-program pendukungnya. Lihat Ringkasan Definisi SO untuk penjelasan bahwa kernel sebenarnya adalah sistem operasi itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s