Pembenaran

Definisi justifikasi atau pembenaran yang saya tahu adalah mencari sesuatu yang membenarkan apa yang telah dan sudah menjadi buah pikiran, pekerjaan, aktivitas, dan lain-lain, walaupun sebenarnya yang dibenarkan itu salah. Alih-alih mencari informasi dan menggali ilmu tentang apa yang menjadi permasalahan/perdebatan, mereka malah mencari sesuatu atau orang/tokoh yang membenarkan masalah tersebut.

Saya tidak tahu, apakah ini sifat orang Indonesia, atau secara umum orang di dunia seperti itu.

Pembenaran saya anggap sebagai tameng, perisai yang semu. Khayal. Pelindung yang sebenarnya tidak melindungi. Pelindung yang melindungi kebohongan, ketakutan, atau apapun yang membuat orang itu sadar bahwa apa yang mereka lakukan salah.

Contoh kasus: orang kebanyakkan misal makan tahu. Suatu saat ada seseorang yang mengetahui bahwa tahu itu tidak boleh dimakan karena dilarang agama dan juga mengandung zat ini itu yang berbahaya.

Apa yang seharusnya dilakukan oleh orang yang mendapatkan informasi dari seseorang tersebut? periksa informasi atau kabar itu, pelajari secara obyektif dan dengan pikiran terbuka.

Kenyataannya orang-orang malah mencari suatu teori atau seseorang yang dianggap tokoh, biasanya populer*, untuk membenarkan aktivitas makan tahu.

Mereka mencari pembenaran, bukan kebenaran.

* Yang populer belum tentu bener, apalagi di zaman sekarang

Iklan

2 thoughts on “Pembenaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s