Inisiatif dan Tim

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian, ketika bergabung dalam sebuah tim, tiap anggotanya tidak mempunyai inisiatif. Hal ini merupakan kiamat bagi sebuah pekerjaan yang melibatkan banyak orang dalam sebuah pekerjaan tim (team work), kecuali ada salah satu orang yang menjadi superman. Orang ini lah yang setiap kali menyelamatkan pekerjaan semua orang dalam tim.

Sayangnya, tidak semua tim memiliki superman-superman yang tetap ada di tim dan bisa tetap “hidup” terus sepanjang tahun, karena sering kali orang-orang ini memiliki tekanan fisik dan mental.

Manusia “super” ini menyadari bahwa tidak berguna bekerja dalam tim tersebut dengan melihat kenyataan bahwa berharap semua orang aktif serta berinisiatif untuk bekerja dan saling mengisi adalah omong kosong belaka, kecuali karena dia masih membutuhkan sesuatu untuk menafkahi diri dan keluarganya.

Bagaimana cara membuat tim yang bagus dan orang-orang di dalamnya berinisiatif/bersemangat?

Kalau kita punya kuasa, ganti anggotanya satu-satu dengan orang-orang yang punya gairah dan semangat *sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit* :D

Susah mengubah budaya kerja orang, kecuali Anda seorang yang penyabar, apalagi berhubungan dengan tukang mroyek yang suka kemana-mana tapi kurang bertanggung jawab, sudah tua tetapi tidak tahu malu, juga rajin mencari-cari alasan kenapa begini kenapa begitu.

Cara yang lunak ada tidak?

Ada, yaitu dengan mengajak orang-orang itu berinisiatif pelan-pelan, tapi sepertinya hal ini tidak berlaku bagi orang yang lebih tua dari kita, cenderung tidak terbuka, dan memposisikan dirinya lebih tinggi.

Saya bilang tidak berlaku bukan berarti tidak berlaku sama sekali, tapi kecil kemungkinannya haha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s