Mengenal Orang

Seperti yang sudah saya tulis dalam posting ini, kita sebagai pengajar atau seseorang yang sedang berinteraksi dengan orang-orang, perlu memberikan perhatian pada hal-hal yang mereka anggap penting, dan membuatnya sejalan dengan apa yang kita ajarkan/bicarakan/tuju.

Dengan kata lain, kita harus mengenal orang tersebut, tak kenal maka tak sayang? tidak harus kenal seperti mau mencari calon istri/suami sih :P tapi minimal kita tahu karakteristik dan apa yang menjadi harapan mereka. Pengetahuan psikologi sepertinya penting dalam hal ini.

Ketika kita mengenal orang, kita mengerti bahwa mereka mendambakan sesuatu yang ingin mereka raih. Dengan membantunya dengan respon atau apapun yang ingin kita lakukan, membuat mereka paham bahwa kita dan mereka mempunyai tujuan bersama, atau minimal mereka tahu bahwa kita membantu mewujudkan harapan-harapan mereka.

Mungkin ada yang akan berkomentar “itu butuh waktu cukup”, nah di situ seninya, bagaimana caranya dengan cepat kita dapat mengenali karakteristik dan harapan orang dalam sekali ketemu atau beberapa kali pertemuan sesuai dengan waktu kita bersama mereka.

Perlu banyak belajar dan latihan.

Iklan

One thought on “Mengenal Orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s