Mengajar Orang

Open Teaching - Thinning the Walls by courosa

Gambar: Open Teaching - Thinning the Walls by courosa (flickr)

Saya sedang berpikir tentang keefektifan kita dalam mengajar orang, dalam benak saya yang pertama harus kita tahu adalah siapa yang kita ajar atau siapa di depan kita. Berhadapan dengan orang yang sudah sepuh/tua berbeda dengan ABG.

Nah, saya ingin menarik garis merah (atau kuning, atau apapun) antara berbagai macam jenis pelajar ini. Kesimpulan saat ini adalah mengetahui dengan baik apa sih yang menjadi hal penting bagi tiap segmen pelajar ini.

Kenyataan yang ada, orang yang sudah sepuh kebanyakkan mungkin menganggap bekerja dengan baik, mendapatkan gaji untuk kebutuhan sehari-hari, dan mempunyai anak yang dapat mandiri di masa depan adalah penting bagi mereka.

Berbeda dengan ABG, apalagi yang baru lulus SMU, dianggap superior di antara teman-teman entah itu baik atau buruk, gaul, dapat mengerjakan tugas dan ujian serta mendapatkan nilai A di akhir semester walau tidak begitu mengerti sekali esensi mata kuliah adalah penting bagi anak-anak ini.

Jadi untuk menarik hati para pelajar-pelajar ini untuk bersemangat dalam proses pembelajaran baik melalui kuliah, seminar, dan lokakarya adalah dengan memberikan perhatian kita pada hal penting yang mereka junjung tinggi dan membuatnya sejalan dengan apa yang sedang kita ajarkan.

Artinya kita tidak egois untuk mengatakan bahwa jalan yang harus dilalui adalah ini, tanpa ada objektif kenapa kita harus melalui jalan tersebut. Pertanyaan kenapanya itu yang nanti perlu kita selaraskan dengan hal penting tiap-tiap orang.

Setelah semua orang paham tentang “kenapa”, kita bisa bilang, ini lho kita berjalan menuju apa yang kita inginkan bersama :-)

Iklan

3 thoughts on “Mengajar Orang

  1. Ping-balik: sepuh - StartTags.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s