Biotechnology

Berbicara tentang Biotechnology/Bioinformatics yang sempat dibahas sedikit di posting GCOS: Hari Pertama yaitu presentasi dari Campbell O. Webb soal FOSS dan Open Data di Penelitian dan Pendidikan Biodiversity khususnya informasi bahwa mungkin Indonesia mempunyai Keragaman Hayati paling tinggi di dunia, sempat terjadi diskusi kecil antara saya dengan BR di milis internal kampus.

Beliau bercerita, dulu sempat bertanya mengenai Biotechnology pada almarhum pak Iskandar Alisjahbana, tentang potensi bisnisnya, mengapa Indonesia punya potensi, dst. Menurut beliau dengan adanya Biotechnology, kita bisa “koding tanaman” dengan menggunakan semacam genetic-programming. Misal, kita bisa membuat pisang untuk sakit kepala.

Analogi sejarah dari mainframe ke PC menurut BR persis seperti Biotechnology ini, dulu akses dan koding susah, industri komputer juga tidak berkembang, dengan adanya Altair (8800) yang berbentuk kit elektronik membuka peluang orang biasa untuk ngoprek perangkat keras dan perangkat lunaknya, sampai akhirnya muncul PC dan industri di dalamnya. Masyarakat dapat mengakses ke komputer. Komputer dapat terbeli (affordable) dan terakses.

MEAConservationStrategies

Berhubungan dengan Biotechnology/Bioinformatics khususnya Keragaman Hayati, semakin banyak akses ke “komputer tanaman” yang dapat dioprek segala macam semakin meningkat potensinya. Apalagi Indonesia punya banyak “komputer tanaman”, itu kenapa Keragaman Hayati di Indonesia diincar. Sayang teknologi ini belum maju di Indonesia, BR memperkirakan 15 tahun lagi :D

Saya hanya bilang, kita perlu punya banyak orang seperti Campbell, pak Iskandar, BR, yang paham akan potensi sebuah ilmu atau bidang, karena diceritakan Campbell, yang juga mengajar di beberapa kampus di Indonesia, mendapatkan masukan dan ketertarikan dari mahasiswa-mahasiswanya untuk ikut berkontribusi di dalam Biodiversity/Bioinformatics.

Jadi, permasalahannya mungkin adalah kesempatan ya. Kesempatan mengenal pengetahuan, potensi pengetahuan tersebut, dan potensi ikut turut andil :D

* gambar dari en.wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s