Presentasi Tadi Pagi

Tadi pagi saya melakukan presentasi, lanjutan dari ngobrol-ngobrol sebelumnya. Terus terang saya agak kecewa dengan performansi saya, kondisi sedang tidak fit, kurang tidur, dan banyak pikiran.

Hasilnya jelas, ngomong saya mletat-mletot, salah pencet tombol papan ketik, posisi berdiri yang salah, slide yang nggak bener, kata-kata rancu, kurang dapat menjelaskan dengan baik, dan lain-lain. Apalagi ada perasaan grogi yang tidak tahu kenapa dalam beberapa bulan ini muncul. Mungkin ada krisis percaya diri :D

Saya mungkin terbantu dengan sesi tanya jawab, karena di sini saya disadarkan oleh pertanyaan dosen-dosen senior. Alhamdulillah lumayan lancar, paling tidak lebih bagus daripada sesi presentasi (asumsi pribadi), walaupun ada bagian yang saya masih kurang dapat menjelaskan dengan baik dan ini saya sesalkan belakangan.

Manusia memang tidak sempurna, tapi paling tidak saya berusaha. Hanya Allah yang tahu apa yang akan terjadi setelah ini.

5 thoughts on “Presentasi Tadi Pagi

  1. alhamdulillah dah mau selesai kuliahnya ya wan, semoga diberikan kemudahan. bisa cepet selesai dan bisa jadi dosen seperti mas panji. amiin

  2. amin. makasih mas aris, tapi yang ini bukan presentasi sidang mas, walaupun topiknya sama dan juga memang soal jadi dosen :D

    tidak tahu juga apakah nanti saya bisa berkarya di tempat itu setelah proses tahap akhir ini dengan performansi seperti yang sudah saya tulis :-)

  3. soal menempatkan diri di dekat dinding tempat viewer menyorot slide. saat menerangkan aku terlalu jauh dari notebook dan tidak mengaktifkan remote-control via ponsel-bluetooth, jadi jalan-jalan deh waktu mau pindah ke slide selanjutnya :D

Tinggalkan Balasan

