Berani Merunut

Kebetulan sore ini (04/06) saya membaca sebuah tulisan berjudul “Solusi 7 Persen” atau “The 7 Percent Solution” yang ada di buku “Surely You’re Joking, Mr. Feynman“.

Saya memang sedang asik membaca buku, terutama yang sudah pernah dan sering saya baca, dengan cara terbalik. Saya baca dari bagian belakang baru ke depan :D Menarik lho, jadi serasa membaca “buku baru” dan kita jadi tidak bosan.

Kalo sudah bosan dengan cara ini, balik lagi ke cara awal, baca dari depan baru ke belakang. Wah wah bisa jadi metode membaca stwn nih hehe.

Ok, saya memang sedang agak jenuh dan ada beberapa kasus yang sukar saya pahami dan terlihat rumit. Ketika membaca tulisan “Solusi 7 Persen” saya menemukan paragraf yang menarik:

Selama konferensi aku tinggal dengan saudara perempuanku di Syracuse. Aku membawa paper ke rumah dan berbicara ke saudaraku itu, “Aku tidak dapat memahami hal-hal yang Lee dan Yang ungkapkan (dalam paper), semuanya kompleks sekali.

Dia berkata “Tidak,”, “bukan kamu tidak memahaminya, tetapi kamu tidak menemukannya. Kamu tidak mencari tahu dengan caramu sendiri, (yang kamu lakukan hanya) mendengarkan petunjuk di sana sini. Apa yang perlu dilakukan adalah bayangkan dirimu seorang mahasiswa kembali, bawa paper ini ke atas, baca setiap barisnya, periksa persamaannya. Dan dirimu akan memahaminya dengan mudah.”

Aku ikuti sarannya, memeriksa semua, dan kutemukan hal-hal tersebut sangat jelas dan sederhana. Aku telah takut untuk membacanya, kupikir hal itu terlalu susah.

Ya, kita sering merasa tidak paham akan sesuatu, sepertinya hal-hal yang ada di depan kita terasa sukar dan kompleks. Ternyata ketidakpahaman kita itu adalah karena kita selalu takut melakukannya karena bayangan-bayangan di kepala.

Baik, untuk memahami sesuatu mari kita praktekkan cara yang direkomendasikan saudara perempuan Feynman yaitu berani merunut dan memeriksa setiap “baris” masalah. Langkah pertamanya tentu saja adalah lakukan!

2 thoughts on “Berani Merunut

  1. Salam kenal, semoga bisa menjadi sahabat.

    Sekedar info dan Minta dukungan nya untuk kontes SEO stop dreaming start action dengan hadiah yang cukup menarik. sebesar Rp. 25 juta rupiah

    Terima kasih sebelumnya jika berkenan melakukan kunjungan dan komentar balik.

    “Ke berani an adalah sebuah kekuatan”

Tinggalkan Balasan

