CDDL vs GPL

Akhirnya saya punya waktu untuk melanjutkan tulisan tentang CDDL vs GPL, saya tulis yang saya tahu, jika ada masukan atau perbaikan sila beri komentar :-)

Tadinya saya mau mengangkat isu Linux vs OpenSolaris, tapi saya lebih memilih untuk lebih menggarisatasi soal CDDL vs GPL dan perbandingan yang kurang tepat soal kompatibilitas lisensi.

Pada tulisan sebelumnya, kesimpulan yang dapat diambil adalah perbandingan yang harus dilakukan ketika berhubungan dengan lisensi di perangkat lunak adalah kode vs kode, bukan kode vs paket atau “kode gelondongan”. Dari pernyataan ini bisa kita jawab pertanyaan:

bisa tidak misal kode kernel Linux (GPL) diterapkan langsung di kernel OpenSolaris (CDDL)?

Jawabannya? tidak bisa, begitupun sebaliknya, karena kedua lisensi tersebut tidak kompatibel satu sama lain.

Pendapat yang disisipkan di pesan orang-orang yang memulai thread di milis, khususnya perwakilan dari perusahaan tertentu kebanyakan subjektif, pemahaman fakta yang keliru, dan mengarahkan ke pendapat bahwa produk atau lingkungan X lebih baik dari Y atau semacamnya.

Saya paham, sebagai seseorang yang dipekerjakan untuk memperjuangkan sesuatu di perusahaan punya kewajiban meyakinkan orang-orang bahwa produk perusahaan atau yang dirintis oleh perusahaan itu bagus dari sisi kualitas atau dukungan. Tapi kita perlu objektif juga ketika bicara di komunitas atau orang banyak.

Seperti pernyataan bahwa “CDDL itu kompatibel dengan GPL tapi tidak sebaliknya” itu mengandung arti secara implisit CDDL dan produk yang menggunakan lisensi tersebut “lebih baik” daripada GPL. Padahal ini kurang tepat, dua-duanya memang tidak kompatibel, dan perbandingan yang diangkat ternyata tidak sebanding.

Satu lagi pernyataan yang dikemukakan di milis bahwa:

banyak aplikasi GPL di OpenSolaris, tapi tidak sebaliknya.

Mari kita telusuri, perangkat lunak berlisensi CDDL:

  • OpenSolaris (+ZFS, DTrace)
  • Netbeans, dual-license dengan GPL
  • aplikasi dengan platform Java?

Perangkat lunak berlisensi GPL:

  • kernel Linux
  • ayo sebutkan sambil dihitung

Kenapa banyak perangkat lunak GPL “gelondongan”, aka paket, ada di OpenSolaris –atau sistem operasi lainnya, karena memang perangkat lunak yang dirilis di bawah GPL jumlahnya banyak, baik GNU ataupun non-GNU. bukan karena sistem berbasis CDDL punya lingkungan dan lisensi “lebih baik” dari GPL, dst.

Dan kenyataan yang ada, perangkat lunak GPL di OpenSolaris masuk dalam bentuk paket-paket, bukan kode campuran CDDL dan GPL.

Jika OpenSolaris, yang berlisensi di bawah CDDL jalan sendiri pun saya kira tidak bisa, walaupun OpenSolaris punya fitur bagus seperti ZFS dan DTrace. Itu kenapa OpenSolaris mengambil manfaat dari paket-paket Free Software/Open Source yang kebanyakan berlisensi GPL, yaitu untuk membuat sistem OpenSolaris yang lengkap aka distribusi.

Di sini bisa ditebak kenapa Sun merekrut Ian Murdock, founder Debian GNU/Linux, untuk merintis Project Indiana.

Saya suka teknologi. ZFS dan DTrace adalah fitur yang menarik. Saya juga tertarik dengan arsitektur perangkat keras seperti OpenSparc. Hanya saja, ketika ada semacam troll, provokator, orang yang kurang objektif atau punya misi implisit tertentu atas nama golongan, saya kurang begitu suka itu.

Catatan kecil:

Mungkin kita bertanya-tanya kenapa OpenSolaris dengan teknologi kerennya seperti ZFS dan DTrace tidak dirilis jadi GPL saja? kan GPL udah ada duluan sejak 1989 dan dipakai banyak perangkat lunak di dunia Free Software/Open Source? kenapa tidak “sama-sama” saja? dan ditemukan jawabannya bahwa memang dari awal pengembang OpenSolaris tidak ingin merilisnya sebagai produk yang kompatibel dengan GPL. Ya itu memang pilihan.

Saya jadi paham kenapa komunitas OpenSolaris membanggakan teknologi seperti ZFS dan DTrace, karena itu yang bisa mereka banggakan. Jika fitur-fitur tersebut dirilis di bawah GPL tentu akan langsung diadopsi oleh kernel Linux, dan Sun/OpenSolaris “tidak dapat apa-apa” ;-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s