Kompatibilitas Lisensi

Topik yang saya tulis kali ini masih mendapat bahan dari thread milis yang sama dengan posting Linux dan GPLv2.

Seseorang yang memulai sebuah thread di milis aktivis Linux, bertopik membandingkan produk X dan Y, mencoba membuat “diskusi”. Orang ini setahu saya memang hobinya suka kirim pesan yang annoying, coba saja cari jejak-jejaknya :D

Saya agak tergelitik ketika informasi yang dibahas kurang pas, hampir semua bersumber dari asumsi dan pendapat pribadi, tapi seolah-olah pendapat ini berasal dari sumber yang terpercaya. Mungkin, secara kasar bisa saya bilang ini termasuk salah satu bibit FUD Free Software di Indonesia hehe.

Beberapa orang lagi, yang dengan semangat agak “chauvinism“, berdiskusi tentang hebatnya produk X, dst. Dan dari ulir ini muncul pernyataan soal lisensi:

CDDL kompatibel terhadap GPL, tapi tidak sebaliknya.

dengan keterangan si penulis kurang lebih:

program dengan lisensi GPL bisa masuk atau kompatibel di OpenSolaris yang CDDL, tapi tidak sebaliknya. Contoh, banyak aplikasi GPL yang ada/masuk di OpenSolaris, tapi teknologi di OpenSolaris seperti ZFS dan DTrace, yang berlisensi CDDL, tidak bisa masuk ke program berlisensi GPL.

Saya bertanya-tanya *plurk banget* akan hal ini. Setahu saya CDDL tidak kompatibel terhadap GNU GPL. Kemudian saya menulis paragraf untuk memahamkan diri sendiri atas pernyataan kedua di atas:

kalau yang dimaksud seperti jawaban pada email ini (pernyataan kedua) berarti perangkat lunak di sistem GNU/Linux yang GPL, misal GNOME, dapat digunakan di OpenSolaris yang berlisensi CDDL.

Saya pikir dalam hal ini kita bicara paket bukan kode. Setau saya jika ada paket-paket berisi program dengan lisensi berbeda itu tidak membutuhkan kompatibilitas lisensi satu sama lain ketika dipasang dalam satu sistem, jika tidak ada percampuran kode.

Jadi, ini bukan permasalahan kompatibilitas lisensi CDDL dan GPL.

Soal ZFS dan DTrace yang berlisensi CDDL dan tidak bisa diterapkan di kernel Linux itu baru soal kode. Nah kalo ini berhubungan dengan kompatibilitas lisensi CDDL dan GPL.

Kemudian muncul pertanyaan saya, sebaliknya soal kode ini yang berkaitan dengan kompatibilitas CDDL dan GPL:

bisa tidak misal kode kernel Linux (GPL) diterapkan langsung di kernel OpenSolaris (CDDL)?

Sila dijawab dulu, bisa atau tidak?

Saya menulis dulu adaptasi dari jawaban saya atas komentar seseorang mengenai pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu dijawab tersebut, ditambah dengan keterangan pernyataan rancu yang belum dijelaskan di tulisan ini :D

3 thoughts on “Kompatibilitas Lisensi

  1. Ping balik: stwn.ngeblog. » CDDL vs GPL

  2. Ping balik: CDDL vs GPL « stwn.ngeblog.

Tinggalkan Balasan

