Kebutuhan dan Ketertarikan

Berhubungan dengan cerita sebelumnya tentang ILC 2008 dan juga SDM Linux/PLBOS, saya di sini akan menuliskan sedikit mengenai permasalahan yang berkaitan dengan SDM. Tentu saja dengan menggarisbawahi solusi yang sederhana, paling tidak menurut saya, walaupun mungkin pada implementasinya membutuhkan waktu cukup lama.

Permasalahan yang dihadapi di perusahaan, organisasi, dan masyarakat khususnya di Indonesia berkaitan dengan pemasyarakatan dan implementasi Linux/PLBOS adalah kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM). Siapa yang akan mengerjakan? bagaimana dengan pengguna non-Linux/PLBOS yang harus melakukan migrasi? siapa yang akan mendukung jika perusahaan saya migrasi? apa untungnya bagi saya, lulusan sekolah/kampus tertentu, dengan menggunakan atau mempelajari Linux/PLBOS?

Permasalahan lain yang muncul baik di forum daring atau forum kopi darat seperti ILC adalah bagaimana membuat masyarakat umum tertarik ke Linux/PLBOS?

Kalau kita lihat baik-baik kedua permasalahan ini berpasangan, salah satu adalah solusi bagi yang lainnya dan begitu pun sebaliknya. Bagaimana cara menarik orang untuk belajar, menggunakan, dan mengembangkan Linux/PLBOS? dengan permasalahan pertama kita bisa menemukan solusinya yaitu dengan informasi kebutuhan SDM Linux/PLBOS atau umum orang bicara: Lowongan Pekerjaan! dan hal ini akan menarik banyak orang untuk mempelajari Linux/PLBOS.

Katanya banyak orang di-PHK, pengangguran, di Indonesia tidak banyak pekerjaan, rasio pekerjaan dan tenaga kerja tidak seimbang, dst? Padahal sekarang ini dan tahun-tahun mendatang kebutuhan SDM Linux/PLBOS banyak! perusahaan, organisasi, dan masyarakat umum itu mencari-cari banyak SDM, dan ini klop dengan permasalahan “bagaimana menarik orang untuk mempelajari, menggunakan, dan mengembangkan Linux/PLBOS?”.

Permasalahan kebutuhan SDM akan mendapatkan solusi dari banyaknya orang yang tertarik mempelajari Linux/PLBOS dan akhirnya orang-orang ini bisa menjadi SDM unggul untuk mengisi kebutuhan-kebutuhan SDM yang ada.

Lowongan pekerjaan di dunia Linux/PLBOS akan menarik banyak orang untuk mempelajari, menggunakan, dan mengembangkannya. Kebutuhan SDM akan segera terpenuhi jika banyak orang yang *bisa* Linux/PLBOS. Tinggal bagaimana mempercepat hal ini? dengan situs lowongan dan freelance Linux/PLBOS? kita butuh katalis? *jadi ingat Heroes*

Catatan:

perlu dilakukan studi lanjut yang menghasilkan bentuk “angka” untuk membuktikan banyaknya kesempatan bekerja dan berkembang di Linux/PBOS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s