SDM Linux/PLBOS

Saya sering mendapatkan informasi proyek atau lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan Linux/PLBOS dan saya agak susah mencari SDM Linux/PLBOS secara langsung dan sesuai dengan spesifikasi. Padahal proses pencarian orang-orang ini membutuhkan waktu, belum lagi tes atau wawancara jika yang membutuhkan SDM menginginkannya.

Tawaran Pekerjaan/Proyek

Tawaran dan pencarian SDM Linux/PLBOS dari perusahaan, institusi, dan proyek ini sejak saya di Jogja cukup banyak, ada beberapa yang berusaha ditindaklanjuti tapi ya masalah masih ada di SDM sehingga misal macet atau mengalami hibernasi dan akhirnya gagal, dst.

Cara yang biasanya saya lakukan ketika mendapatkan permintaan SDM Linux/PLBOS adalah meneruskan info ke milis aktivis dan komunitas Linux khususnya di Jogja serta lewat jaringan pertemanan via sms atau telepon.

Inisiatif dan Konsep Pengumpulan Info SDM Linux/PLBOS

Saat di KPLI Jogja, saya pernah berinisiatif untuk mengumpulkan informasi dan spesifikasi SDM Linux/PLBOS di komunitas dengan pengisian borang yang dikirim ke e-mail borang at jogja.linux.or.id tapi tidak banyak yang mengirim. Padahal kalau dipikir-pikir yang untung ya sebenarnya Linuxer itu sendiri.

Susah juga berusaha untuk dapat menjadi jembatan antara perusahaan/institusi/proyek dan SDM. Mungkin cara saya yang kurang tepat atau dengan metode yang kurang canggih? :-)

Konsep “broker” ini sudah cukup lama didiskusikan terutama di Jogja, tapi ya kurang dikelola dan diteruskan dengan baik. Status terakhir sudah dibuat halaman jejaring untuk entri informasi SDM tapi ternyata dependensinya ada di desain situs jogja.linux.or.id baru yang belum up.

Ide Pusat SDM Linux/PLBOS

Ide membuat sebuah semacam pusat SDM Linux/PLBOS muncul, bentuknya dalam bayangan saya adalah sebuah situs yang berisi informasi orang-orang dengan spesifikasi dan kontak. Jika ada informasi pekerjaan atau proyek, pengelola atau siapapun bisa memasukkan informasinya kesana. Konsepnya mirip career development center yang ada di kampus.

Mungkin ada pertanyaan “kenapa situs atau jejaring dan tidak dalam bentuk tempat yang offline?” jawabannya karena mudah diakses di mana saja, tanpa ada batasan tempat secara geografis, cakupannya bisa nasional maupun internasional dan Internet kini menjadi “rumah” kedua bagi sebagian besar orang khususnya Linuxer.

Cara paling mudah untuk mengimplementasikan ide ini adalah dengan pembuatan wiki yang misal berisi kategori kemampuan dan di dalamnya ada daftar orang-orang yang kompeten.

Format wiki memudahkan orang untuk melakukan penyuntingan baik ketika memasukkan informasi dirinya sendiri ke kategori atau kompetensinya di Linux/PLBOS. Dari sini nantinya bisa jadi jembatan pekerjaan, karir, proyek bagi perusahaan yang membutuhkan. Perusahaan pun bisa menyertakan informasinya dan pekerjaan apa yang membutuhkan orang-orang dengan spesifikasi tertentu ke dalam wiki.

Contoh kasus, jika ada informasi pekerjaan baru di wiki yang dientri oleh sebuah perusahaan, orang-orang yang sebelumnya sudah memasukkan spesifikasi bisa langsung menautkan dirinya ke halaman pekerjaan tersebut. Sebaliknya perusahaan pun bisa langsung mencari nama-nama di wiki yang bisa dikontak dan mendaftarnya di halaman pekerjaan baru sebagai kandidat. Tinggal nanti tindak lanjut bisa via e-mail atau telepon, dan lain-lain.

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah mengembangkan sebuah situs SDM. Saya ingat odesk.com, fuad sering menggunakannya, atau situs yang berhubungan dengan pekerjaan freelance. Situs SDM ini akan berisi hal-hal seperti di wiki tapi lebih profesional dan “trusted“. Bisa digabungkan juga misal dengan model jaringan sosial yang umum digunakan dengan tingkat kepercayaan sebuah perusahaan atau teman terhadap seseorang di situs tersebut.

Di sini SDM Linux/PLBOS dituntut profesional karena rekam jejak atau track record-nya akan kelihatan di situs ;-)

Penutup

Pusat SDM Linux/PLBOS ini menurut saya penting. Selain kebutuhan yang semakin meningkat di masa depan, mendidik dan memotivasi SDM di Indonesia untuk semakin serius untuk mempelajari/mengembangkan Linux/PLBOS dan potensinya, memberikan kesempatan SDM Linux di Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik, menambah penghasilan bagi para Linuxer lewat pekerjaan sampingan atau serabutan (kita tahu, seorang Linuxer/PLBOSer hampir selalu mendapatkan pekerjaan), juga secara filosofis menambah aktivitas penyebaran ilmu, kebebasan dan perangkat lunak sehat di Indonesia.

Semoga saja ada yang menindaklanjuti karena pengumpulan informasi SDM Linux/PLBOS setahu saya belum ada yang matang melakukannya.

* Sebagian tulisan ini adalah adaptasi dan pengembangan dari e-mail saya ke milis jogja-linux-aktivis. Ide dan konsep ini akan saya masukkan ke ILC 2008 melalui delegasi Kuliax Project, atau gabungan dengan KPLI Jogja.

Iklan

2 thoughts on “SDM Linux/PLBOS

  1. sangprabo

    “Wo, kamu bisa Inkscape?”
    “Wo, aku butuh tentor untuk ngajarin OpenOffice nih…”
    “Wo, kamu bisa bantuin bikin modul buat anak Sistem Utilitas? Maunya Dosennya pake Ubuntu…”
    “Wo, bisa…? Wo, bisa….?”

    Dari semua itu, ndak ada yang saya bisa. Akibatnya, tukang jago grafis (walopun di KorelDrow/Potosoup) saya comot ajah..

    Kayaknya emang perlu tuh Mas…*nunggu*

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s