Catatan 2008.09.18

Hari ini saya belajar sesuatu tentang penggambaran masalah dan pencarian solusi, mungkin sudah umum disampaikan orang-orang, saya hanya menuliskan poin-poin yang saya kerjakan:

  • Gambarkan dalam bentuk visual. Ambil sebuah kertas kosong atau yang tidak terpakai atau ada bagian yang bisa di corat-coret, visualisasikan masalah yang dihadapi dengan pemahaman kita. Update terus visualisasi ini, coretan beberapa jam yang lalu akan berbeda dengan beberapa menit berselang.
  • Lakukan atau implementasi apa yang sudah kita gambarkan dalam coretan kita di kertas. Langkah sederhana pertama adalah memindahkan dari kertas ke bentuk diagram dalam komputer supaya mudah untuk disunting. Selanjutnya buat checklist dan lakukan, centang yang sudah dikerjakan dan looping.
  • Ujicoba solusi yang tergambar dan terimplementasi. Balik ke poin pertama dan kedua untuk melakukan update, perbaikan, dst.

Apa yang sudah saya lakukan dengan tiga langkah di atas? tesis, yah paling tidak proses menyusun progres dan presentasi singkat. Saya ketemu dengan dosen tadi sore dan diminta untuk menunjukkan progres selama 2 minggu sebelumnya. Alhamdulillah lancar dan muncul diskusi yang positif.

Poin penting tentang tesis hari ini adalah saya diminta untuk mempelajari komputasi distribusi/clustering secara nyata dan generik ;-) SSI, ini yang harus saya coba oprek selama 2-3 minggu ke depan. Merasa tertantang karena dianggap sudah tahu sesuatu oleh dosen dan diminta belajar sesuatu yang lebih advanced, malah mau dipinjemin notebook tambahan buat ngoprek (saya ambil setelah lebaran pak, insya Allah).

Alhamdulillah sekali lagi, semoga semua lancar. Teruslah hidup sehat dan normal wahai stwn.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s