Pertimbangan PRS

Setelah kemarin memikirkan untuk mengambil kembali satu mata kuliah yang perlu diperbaiki di Perbaikan Rencana Studi (PRS) semester tiga ini, aku tidak jadi melakukannya. Ada beberapa pertimbangan kenapa aku memilih untuk mengambil tesis saja:

  1. Beban mata kuliah yang mau aku ambil ternyata bertambah, mahasiswa harus mengumpulkan tugas besar berupa produk dan laporannya disertai dengan model matematika, substansi, algoritma, dan tetek-bengeknya. Mata kuliah ini memang punya kode berbeda jika dibandingkan dengan semester satu dulu, karena kurikulumnya memang baru untuk tahun ini. Sks-nya saja tambah 1 jadi 3.
  2. Aku mendapat ide dari obrolan seorang kawan untuk menghitung kontribusi nilai mata kuliah ini pada IPK-ku. Ternyata jika aku mendapat nilai standar, IPK-ku malah berkurang 0,4. Jika aku mendapatkan nilai terbaik, kontribusi penambahan nilainya cuma 0,6. Padahal beban kuliahnya aku kira cukup berat ditambah dengan kondisi mengerjakan tesis yang 6 sks itu.
  3. Aku harus menyelesaikan tesis. Sementara ini progresnya minim, paling tidak harus muncul bentuk jadinya bulan November lah.
  4. Masalah manajemen waktu dan pekerjaanku yang agak buruk. Sekarang aku lebih meminimalkan kerja pada beberapa proyek yang mungkin masih dapat dilakukan saja: riset di pme, kuliax, asisten dosen, dan lain-lain yang masih berhubungan dengan Linux/PLBOS di duniasemu.org. Baru saja awal bulan ini aku mundur dari sebuah proyek membuat buku pendidikan karena hal ini.

Yah, memang dalam hidup kita selalu bertemu dengan persimpangan jalan. Yang penting bagi kita adalah memilih jalan terbaik saat ini, dan jika mungkin dengan pertimbangan cepat dan tepat.

Jangan lupa orang tua, kawan, dan orang-orang yang ada di dekat kita dapat dijadikan tempat untuk berdiskusi tentang pilihan kita, walaupun apa yang mereka katakan tidak selalu menjadi acuan kita. Paling tidak kita mendapatkan masukan, meski itu sedikit pasti sangat berarti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s