Mesin Baru x20

Kurang lebih dua minggu yang lalu, kamar kos saya kedatangan “anggota” baru, sebuah komputer rakitan yang saya beli di toko komputer di daerah kandaga.

Saya namakan mesin baru ini dengan x20, karena prosesornya “x2” dan memang mesin yang ke-0 ;-) Tujuan hadirnya x20 ini adalah untuk sarana eksperimen tesis saya yaitu clustering, distributed rendering, renderfarm. Walaupun sebenarnya masih kurang sih karena paling tidak harus ada 3 PC: 1 untuk render manager dan 2 untuk render slave. Yah paling tidak satu dulu untuk eksperimen awal. Si thinkpad nantinya akan dijadikan klien yang melakukan pemodelan, pengirim pekerjaan render, melakukan preview, dll., tempat bekerja artis lah. Kasihan banget, pasti ngos-ngosan.

Sebelum memilih x20, sebenarnya saya berencana membeli komputer dengan spesifikasi “berat”, dari motherboard sampai mouse dan papan ketik. Kartu VGA pun harus cukup bagus, minimal 8500 GT, yang kesemuanya ketika dihitung-hitung bisa menghabiskan 4,5 juta. Setelah dua minggu dipikirkan, bolak-balik ke BEC dan Kandaga serta melihat kebutuhan, saya mengurungkan niat untuk membeli mesin spek “berat” dan mencoba “membangun ulang” mesin yang akan dibeli.

Mesin yang akan dibeli ditujukan untuk melakukan proses rendering, jadi yang dibutuhkan adalah prosesor dan memori yang bagus. Jika yang dibutuhkan adalah untuk pemodelan dan animasi baru perlu kartu VGA bagus. Selain itu dalam sistem terdistribusi dan komputasi paralel, komputer dengan spesifikasi biasa dalam jumlah banyak akan lebih baik dari pada komputer spesifikasi tinggi dalam jumlah yang sedikit.

Yak, hasil akhirnya ya si x20 ini yang menghabiskan dana 1,785 juta, jauh kan selisihnya dengan rencana awal. Spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Motherboard: Biostar GF8200 M2+ (730 ribu)
  • Prosesor: AMD Athlon 64 X2 5000+, clock 2.6 GHz (+RAM: 920 ribu)
  • RAM: 1024 MB
  • Kartu VGA: GeForce 8200 on-board
  • Tidak ada mouse, papan ketik, dan monitor*
  • Case: Power Up (biasa, asal ada case, 175 ribu)

Kalau ditanya kenapa beli mesin sendiri dan tidak menggunakan komputer-komputer di kampus atau PME? Heh, sampai sekarang belum siap tahu dan entah kapan siapnya :P

Saya lebih sering memilih untuk melakukan sendiri jika masih bisa dan orang di luar saya ternyata tidak segera bergerak, saya tidak suka dengan ketergantungan. Ya paling tidak lumayan lah x20 buat tambahan sarana lab duniasemu.org, langkah awal membuat pusat riset hahaha

O iya mesin ini juga digunakan untuk mengkompilasi program, membangun sistem Live dan paket lho :D

* Belakangan saya membeli LCD dan papan ketik agar tidak repot dan juga untuk meningkatkan produktivitas dan multi-tasking. Sudah dilakukan eksperimen dengan synergy, pengen coba xinerama, xdmx, atau sejenisnya.

Iklan

5 thoughts on “Mesin Baru x20

  1. stwn

    hehe sementara ini pakai synergy aja karena memang kebutuhan sekarang cuma mau pakai dua mesin berbeda menjalankan aplikasi berbeda dengan mouse dan papan ketik yang sama

    nanti xinerama dan xdmx-nya jadi pr aja deh, tapi tidak tahu kapan ton :D

    Balas
  2. Ping balik: stwn.ngeblog. » Meja Kerjaku

  3. tangguh

    Saya mau nanya nih…
    Dah buntu banget…

    Akhir 2008 ini saya Upgrade kompie baru dgn spek
    AMD X2 5000
    DDR 1 G
    HD Maxtor 80 G
    ATI Radeon X

    Tapi kok ngak support pake Windows 32-bit, baru jalan pake Windows XP X64 tapi belakangan ini sering error.. apa karena windows X64 nya masi evaluation copy.

    bagaimana solusi nya ???

    kirim ke e-mail ku ya di : tangguhk@yahoo.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s