Ketika Mendapat Kritik

Ketika mendapat kritik, sering kita menggunakan emosi. Seharusnya kita bisa mengaturnya, selain nantinya kita bisa menjawab dengan fokus, bersih, tidak melebar kemana-mana dan emosional, kita bisa berpikir cepat dalam membuat strategi jawaban yang OK. Memang hal ini butuh latihan sering.

Ada artikel menarik di lifehack.org yaitu How To Take Criticism Like Donald Trump. Di akhir tulisan tersebut ada yang bisa digunakan ketika kita mendapat kritik. Berikut poin-poinnya dengan sedikit adaptasi dan tambahan:

  • Berterima kasih atas kritikan orang-orang.
  • Setujulah, paling tidak untuk sementara, dan tidak marah. Kita kehilangan energi banyak jika marah.
  • Ingat bahwa semakin kita marah, bisa jadi memperlihatkan orang yang mengkritisi kita terlihat benar.
  • Jangan mendebat balik, kita tidak menyakinkan apapun pada orang-orang, kita hanya sekedar menjawab pertanyaan mereka. Dalam agama saya, kita dilarang berdebat, walaupun kita benar.
  • Terakhir, terima untuk sementara kritik dari kawan-kawan dan guru dengan pikiran terbuka. Kita akan menemukan bahwa kita bisa saja salah dan tujuan mereka baik hanya saja kurang pas dalam mengungkapkannya.
  • Secara aktif terus melakukan pencarian terhadap pertanyaan dan kritikan yang belum terjawab dengan baik. Jika mungkin, temukan orang yang dulu mengkritik kita di waktu yang lain dan berikan jawaban terbaik kita.

Sila jika ada yang mau menambahi :-)

Iklan

2 thoughts on “Ketika Mendapat Kritik

  1. harrismare

    yang membuat kita emosi jika dikritik tak lain adalah si “EGO”. inilah yang menjatuhkan iblis ketika disuruh sujud ke adam as.
    kadang kita merasa lebih baik, sehingga tidak terima jika dikritik, pertanyaannya apakah kita bisa mengalahkan si “EGO” ini??

    Balas
  2. Ping balik: Donald Trump | Ketika Mendapat Kritik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s