Perjalanan dan Inspirasi

Dalam dua bulan ini saya sering pergi ke luar kota Bandung. Tidak tahu juga sejak saya memburu beasiswa dan dipaksa untuk keluar dari Jogja setahun yang lalu saya jadi suka bepergian. Sebelumnya terus terang saya cenderung takut pergi ke luar kota, takut ada apa-apa di jalan, dst. Lucu ya? seperti anak kecil.

Tahun lalu saya sering bolak-balik Jakarta-Jogja dan Bandung-Jogja. Terakhir ILC 2007 dan seminar nasional di UNY. Saya jadi ketagihan untuk melakukan perjalanan. Ternyata perjalanan itu mengasikkan, kita punya banyak pengalaman di jalan, baik atau buruk, melihat bagaimana “dunia”, mengambil pelajaran dari yang kita lewati, lihat, dan rasakan *kayak lagu aja*

Jika berhubungan dengan ide, semangat, dan inspirasi, dengan melakukan perjalanan kita bisa mendapatkan semua itu. Ketika kembali ke rumah, kita akan mempunyai hal-hal baru yang ingin kita wujudkan dalam hidup.

Kita memang harus sering “keluar dari kotak”, melihat sisi lain dari diri kita. Berjalan, merenungi diri, pekerjaan, tanggung jawab kita, fenomena sosial di masyarakat, bagaimana kita bereaksi terhadap apa yang kita lihat di jalan, mengenal lingkungan, manusia, dan bagaimana berinteraksi dengan mereka.

Kita sering disibukkan dengan rutinitas berangkat-pulang kerja atau kampus menjadikan kita sering tidak kritis terhadap lingkungan. Ini membuat saya sering bertanya dan bertanya dalam hati sepanjang perjalanan. Apakah saya sudah melakukan hal yang sesuai?

Perjalanan bagi saya membawa ide baru, seperti mencari “wangsit”. Ide-ide yang keluar sering tidak terduga, selain yang muncul pada saat di kamar mandi lho :P Selain itu saya bisa berpikir lebih luas dan lebih detil dari apa yang sudah dan akan dilakukan.

Yak sekali lagi, kita memang harus sering “keluar dari kotak” dan melihat dunia, mungkin ini jadi salah satu jawaban kenapa ada ibadah Haji? jawaban yang lain mestinya lebih banyak ;-)

Ditulis dengan EeePC di atas kereta Kaligung Tegal-Semarang, setelah Weleri pukul 07:39 pagi, tanggal 8 Maret 2008. Dengan sedikit modifikasi.

Iklan

5 thoughts on “Perjalanan dan Inspirasi

  1. aaarrgh akhirnya kebuka juga ..
    dah entah .. lupa .. apa yg mo ditulis -.-”
    tiba2 inetnya kyk siput yg kecapekan

    a journey starts with one step
    ,,,,>>>>:ngacir:,,,

  2. Jadi ingat waktu sering “wara-wiri” Jakarta-Jogja beberapa bulan lalu,demi mencari pemikiran “Out of The Box” aku pun rela mengambil tabunganku buat beli tiket kereta :) .
    Btw,udah dapet temen baru ya (EeePC), ThinkPad-nya dikemanain Mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s