Tesis dan Render Workflow

Queue Management & Simple Workflow

Gambar di atas adalah diagram sederhana mengenai apa yang saya lakukan di tesis saya, hanya bagian kecil dari sebuah sistem yang besar.

Kelompok tesis saya sedang mengembangkan sebuah Authoring Tool yang dapat:

  • Menerima masukan benda fisik dengan webcam atau laser dan memproses titik-titik yang ditangkap webcam menjadi model 3D.
  • Menerima masukan gerak fisik dengan webcam dan memproses gerak menjadi sebuah kerangka model.
  • Menghasilkan misal sebuah karakter untuk film animasi 3D dari perpaduan poin pertama dengan poin kedua.
  • Mengirimkan dan menerima kembali model 3D ke Render Manager untuk diproses oleh Render Cluster, dapat berupa preview atau hasil render akhir.

Bagian saya adalah pada poin terakhir yaitu membuat sebuah aliran kerja (workflow) dan manajemen kirim render dari render engine di dalam authoring tool ke render farm melalui render manager.

Bayangan saya adalah mengembangkan sebuah plugin dari authoring tool 3D yang berfungsi untuk mengirimkan dan menerima pekerjaan render secara langsung dari tool tersebut, bila perlu ada monitor progres pekerjaan render yang sedang dilakukan oleh render cluster.

Jika digabungkan dengan Groupware, bisa saja dibuat sebuah mekanisme kirim dan monitor pekerjaan yang membutuhkan komputasi cluster.

Server jejaring Groupware dapat juga digabungkan dengan Render Manager untuk memudahkan manajemen berkas. Cara lainnya dapat menggunakan Network File System (NFS) atau yang lebih canggih untuk mengaitkan dua media penyimpan pada server berbeda misal render manager dan server jejaring Groupware.

Saya sendiri belum tahu bagaimana aliran dan kerangka kerja yang paling bagus untuk mengintegrasikan proses-proses di dalam Groupware dan Authoring Tool yang akan digunakan para kru produksi film animasi 3D.

Nah ini yang sedang dipikirkan, jika semua komponen bisa menjadi satu aliran kerja yang lancar dari awal sampai akhir sesuai dengan proses produksi film yang nyata, berarti produk ini akan berarti dan bermanfaat. Paling tidak sebagai solusi kecil dari sebuah sistem besar.

Iklan

3 thoughts on “Tesis dan Render Workflow

  1. Akhmad Fathonih

    Menarik, menarik. Sayang gambaran tentang authoring toolnya blm bnyk. Usulku, consult early supaya tool-mu nantinya bs sinkron dgn authoring tool yg akn dbuat. Plugin bs jd bkn solusi tepat;)

    Balas
  2. stwn

    sekarang kita sedang membuat spesifikasi dan kerangka kerja untuk authoring tool ini, ton. empat poin di atas akan terintegrasi dalam satu authoring tool.

    kita tidak akan mengembangkan authoring tool dari awal, kita akan kembangkan dari yang sudah ada. aku sendiri masih memikirkan proses setup render cluster dan tentu saja manajemen render, dan aliran kerjanya.

    kalo plugin bukan solusi tepat, lalu apa? :D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s