Tesis dan Ketertarikan stwn

Semester ini seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, saya harus mulai mengerjakan tesis, waktunya 8 bulan dihitung dari bulan ini. Untuk mata kuliah yang tadinya akan diambil pada semester 3 dimajukan di semester pendek dengan waktu 2 bulan yaitu Juni-Juli, praktis semester depan hanya mengerjakan tesis dan tugas untuk mata kuliah yang ingin diperbaiki nilainya.

Untuk mata kuliah Tesis 1 pada semester 2 ini menghasilkan dokumen standar B100 (semacam proposal), B200 (dokumen desain), B300 (dokumen implementasi), dan purwa rupa dari topik tesis yang kita ambil. Seminar Tesis 1 ini gosipnya akan dilaksanakan bulan Agustus bersamaan dengan Lomba dan Seminar Game Internasional di kampus.

Pada saat memilih topik tesis, saya dan kawan-kawan satu angkatan diberi angket yang berisi isian:

  • Informasi diri dan kemampuan: Nama, NIM, Bidang/Jurusan S1, Pekerjaan yang lalu Produksi & Jasa, Kemampuan Perangkat Keras dan Lunak, Topik Usulan.
  • Minat/Keinginan:
    • Produksi Film & Animasi
      • Render Engine & Cluster
      • Groupware untuk Produksi Film
      • Virtual Environment, SFX, Animation Authoring Tools
    • Real-time Simulator for Training
      • Flight Simulator
      • Driving Simulator
      • Tank Simulator
      • Air Traffic Control Simulator
      • Helicopter Simulator
      • Ship Simulator
      • Bicycle Simulator
      • Golf Simulator
      • Tennis Simulator
    • Interactive Simulator for Engineering & Scientific Analysis
      • Robot Simulator
      • Human Organ Models
      • Virtual Animal
      • Virtual Plant
      • Chemical Plant
      • Flood
      • Tsunami
      • Volcano
      • City
      • Farm
      • Business
      • National Economy
    • CSCW System
      • Residential Area Design
      • Manufacture Floor Layout
      • Interior Design
    • Interactive E-learning
    • Advance Game

Kami diminta untuk mengisi 6 prioritas topik dan informasi dalam angket yang nantinya akan dilihat dan menjadi pertimbangan tim tesis untuk memasukkan masing-masing dari kami ke tiap topik-topik tersebut di atas.

Dua topik prioritas saya berhubungan dengan infrastruktur, mungkin karena latar belakang dan pengalaman saya kebanyakan berada di daerah ini. Pilihan pertama Render Engine & Cluster dan kedua Groupware untuk Produksi Film.

Saya dimasukkan ke dalam kelompok Render Engine & Cluster. Anggota dari kelompok ini hanya 2 orang saja dan ternyata “jalan” yang akan kita ambil berbeda. Kawan saya lebih tertarik ke 3D scanner yang seharusnya masuk ke Authoring Tools sedang saya ingin mengembangkan Render Farm dan mekanisme kerjanya dengan Render Engine.

Akhirnya setelah membicarakan dengan Pak Ary dan tim Tesis maka kami berdua digabung ke kelompok Authoring Tools.

Di dalam tesis kita diharapkan bisa bekerja dengan kelompok, nilai tertinggi adalah Kerja Tim dan juga harus ada aliran kerja yang menggabungkan beberapa topik kecil menjadi sebuah topik besar dalam hal ini Produksi Film.

Jadi kita bisa menyelesaikan masalah pada produksi film dalam sebuah aliran kerja yang terdiri dari banyak orang yang mengambil bagian masing-masing di dalam topik besar tersebut.

Contoh aliran kerjanya adalah seperti ini: 3D scanner -> Motion Capture -> Kombinasi model 3D dan kerangka gerak hasil tangkapan -> Render Engine -> Render Farm, Groupware memberikan tempat dan fasilitas untuk “menjaga” aliran kerja dari awal sampai akhir.

Masing-masing dari komponen atau modul ini memiliki masukan dan keluaran yang tergantung sama lain dan menjadi satu bagian dari topik besar, walaupun sebenarnya aliran kerja ini tidak menyelesaikan semua masalah dalam produksi film. Hanya sebagian saja tapi paling tidak yang kita lakukan masih satu aliran kerja dari awal sampai akhir berupa keluaran hasil. Yah pekerjaan selalu lebih besar dari yang dapat kita kerjakan.

Untuk saya pribadi pilihan topik Render Farm adalah semacam nostalgia bagi saya untuk mengenal kembali jaringan komputer, komputasi performansi tinggi, sistem dan infrastrukturnya yang cukup lama tidak secara intensif saya kerjakan lagi. Kebanyakan pekerjaan saya dalam 3 tahun ini adalah berhubungan dengan sistem operasi dan aplikasi low-level.

Ke depannya ingin menjadikan apa yang saya kerjakan sebagai bekal untuk kembali ke topik ketertarikan saya yaitu sistem operasi, jaringan komputer, dan yang berhubungan. Clustering, HPC, Cloud/Grid Computing, Build Service, … menjadi hal-hal yang membuat saya tertarik untuk mengoprek kembali.

Ketertarikan ditambah dengan topik Social Compile Cloud –Saya malah lebih suka menyebutnya Social Cloud Computing karena tidak hanya masalah kompilasi saja, mungkin bisa digabung dengan jaringan sosial dan lainnya– yang dari dulu digembar-gemborkan oleh neofreko dengan menggabungkan komputer-komputer dalam sebuah komunitas menjadi sebuah sistem komputasi berperforma tinggi untuk melakukan kompilasi.

Skalabilitas, layanan, dan teknologi pendukungnya dapat dikombinasikan untuk menjadi solusi komputasi di Indonesia misal dalam pengembangan proyek-proyek PLBOS dan bisa juga dijual. neofreko sudah menjelaskan dalam tulisan di blog-nya.

Seperti yang banyak orang perkirakan bahwa “masa depan adalah layanan”. Hei, mungkin saja topik ini dan cloud computing bisa jadi bahan disertasi hahaha.

Iklan

5 thoughts on “Tesis dan Ketertarikan stwn

  1. devi maulida berkata:

    nuhun…atas bahan – bahannya…
    Btw ini di jurusan elektro kajian teknologi informasi ya ???
    btw.. ada bahan – bahan terkait game technology tak ?atau bagaimana cara mendapatkannya???nuhun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s