Koneksi dengan MobileQu

Update: tambah tangkapan layar speed test dari speedtest.net dan telkom speedy

Pagi ini saya mencoba layanan MobileQu Time-based dari Quasar setelah malam sebelumnya sempat membeli paket perdananya di stan promosi BEC. MobileQu ini menggunakan jaringan XL sebagai medianya, jadi dengan menggunakan modem 3G ataupun ponsel dengan GPRS/3G/HSDPA plus kabel data/bluetooth kita sudah bisa terhubung ke Internet.

Sistem akses dari MobileQu ini menggunakan model berbagi bandwidth jadi bandwidth yang kita dapat gunakan tergantung dari jumlah pengguna aktif. Kecepatan maksimum pada setiap BTS menurut situsnya, untuk GPRS 64 Kbps, 3G 384 Kbps, dan 3.5G 512 Kbps. Di iklannya sendiri sih “up to 256 kbps“.

Saya sendiri tidak berharap banyak pada model akses Internet seperti ini, jadi kalau akses baik syukur, kurang baik ya tetap senang. Saya kebetulan membeli paket perdana yang paling kecil, 25 jam + bonus 10 jam seharga 75 ribu rupiah.

Setelah dicoba menurut saya MobileQu ini lumayan untuk akses di kos, dengan kecepatan cukup untuk merambah jejaring, unduh e-mail ke klien main KMail, dan lain-lain. Yang agak lama adalah ketika mengunjungi situs dengan protokol https seperti https://login.yahoo, mungkin juga karena sudah agak siang banyak yang pakai? Kita lihat deh ke depan seperti apa kualitas koneksinya, paling tidak sampai jatah jam habis :D

O iya hampir lupa, pagi ini saya juga mencoba melakukan uji coba kecepatan dengan speedtest punya Telkomspeedy dengan hasil 327,8 kbps dan speedtest.net unduh 185 kbps/unggah 52 kbps. Saya menggunakan ponsel dengan koneksi 3G. Kecepatan nyata yang saya alami sih kalau bagus sekitar 8-15 64-120an kbps, buat apt-get juga lumayan lah *daripada nggak ada hihihi*

Karena menggunakan jaringan XL, MobileQu ini bisa dipakai di seluruh Indonesia yang terkover GPRS/3G/3.5G XL, jadi asik buat jalan-jalan. Ada yang mau mencoba?

12 thoughts on “Koneksi dengan MobileQu

  1. stwn

    @paydjo: kirim dulu 75 ribu dan ongkos kirim ke jogja :P

    @sangprabo: kalau ngeliat kecepatannya sih masih wo, aku pake 3G kok. terima kasih tautannya.

    seperti yang aku bilang di posting ini, aku sedang mencoba-coba layanan saja. sebenarnya keinginanku sih langganan indosat broadband pake matrix tapi masih ngurus surat domisili dulu.

    kalo indosat m2 ribet syaratnya pake kartu kredit+KTP atau nahan uang 2,5 juta selama setahun. mana bukan orang sini, nggak punya kartu kredit, dan uang segitu eman disimpen di tempat orang..

    Balas
  2. sambilalu

    Kalau di bidang penerbangan ada ADAM air yang telah terbukti nyata dengan menelan ratusan jiwa karena pelayanan yg amburadul, penyimpangan regulasi penerbangan dan hanya mengutamakan keuntungan semata, kl di bidang media internet ada QUASAR yang telah melakukan kebohongan publik dgn promosi yg tdk pernah ada dlm pelayanan produknya. bayangkan aja, negara ini tdk akan pernah maju, rakyat sbg pembayar pajak pun akan selalu dianiaya dengan hal² yang selalu merugikan karena tidak adanya perlindungan konsumen yang baik dan benar seperti di negara lain yg selalu berusaha melindungi rakyatnya. akan sampai kapankah kita sebagai rakyat indonesia akan dibodohi dan dibohongi oleh para anjing dan bajingan seperti ADAM air dan QUASAR?
    Silahkan membaca dan mempelajari artikel panjang mengenai keluhan terhadap produk layanan internet MobileQu XL Quasar di http://www.mediakonsumen.com/Artikel1116.html, saya telah mempelajari lebih lanjut dan melakukan praktek untuk menegaskan fakta-fakta yang telah saya peroleh sebagai berikut:

    (1) Internet Service Provider QuasarNet menggunakan sistem manajemen bandwidth (baca: pencekik bandwidth) bernama PHANTOM (baca: tokoh kartun licik). Sistem tersebut diakui oleh QuasarNet sebagai inovasi (baca: diakui oleh pengguna sebagai penipuan dan kebodohan).

    PHANTOM akan mencekik bandwidth pengguna setelah menggunakan koneksi secara berkesinambungan (download) hingga jumlah total sekitar 10MB (megabytes), sehingga koneksi internet akan drop hingga kisaran kecepatan 0-5kb (kilobit) per detik. Hal tersebut mengakibatkan RTO (request timed out) untuk membuka website apapun selama berjam-jam setelah koneksi tersebut dicekik. Mereka menyebut periode ini SAVING TIME.

    CELAKANYA, sistem PHANTOM ini juga digunakan QuasarNet pada beberapa produk layanan internet mereka yang lain!

    (2) Sistem PHANTOM tersebut sudah seharusnya diketahui oleh semua karyawan Quasar. Akan tetapi, TIDAK PERNAH ADA pemberitahuan mengenai penerapan PHANTOM di produk MobileQu. Melalui e-mail, mereka mengedepankan QOS bahwa MobileQu lebih ditujukan bagi pengguna yang lebih banyak menggunakan koneksinya untuk chatting dan browsing.

    Semua percakapan dengan crm_quasar_1 terkesan MENYEMBUNYIKAN dan PURA-PURA TIDAK TAHU apapun mengenai sistem pencekik bandwidth tersebut. Entah dengan cara tidak menjawab ataupun menghiraukan samasekali pengguna yang mengeluh koneksi internetnya mati atau selalu RTO (Request Timed Out). Bahkan menggunakan alasan koneksi GPRS, peralatan yang digunakan, ataupun membandingkan produk serupa lainnya.

    (3) Mereka telah menyebarkan gosip, hoax mengenai adanya peningkatan kecepatan hingga 256kbps, AKAN TETAPI juga mencantumkan (*) dengan kata-kata: syarat dan ketentuan berlaku. Walaupun terlalu cepat untuk menilai bahwa peningkatan kecepatan ini adalah DAMAGE CONTROL bohong belaka, TETAPI mengingat pencekik bandwidth yang mereka gunakan, saya TIDAK YAKIN mereka AKAN PERNAH meninggalkan PHANTOM.

    Sewaktu menanyakan peningkatan bandwidth hingga 256kbps kepada CS Quasar, ia menjawab hal-hal lain DI LUAR yang saya tanyakan, diantaranya; ditutupnya pendaftaran selama Desember 2007, tidak adanya kenaikan harga bagi pelanggan lama, dan aktifasi kartu secara langsung pada saat pembelian. Saya tegaskan lagi, bagaimana dengan peningkatan bandwidth hingga 256kbps? Hanya jawaban klise yang saya dapatkan.

    Permainan apa lagi kah yang akan mereka lakukan?

    silahkan hubungi ID saya di YM : sambilalu

    Balas
  3. cuekaja

    pokoknya jangan pake mobilequ dr quasar. ampuuuuuun bgt. pengalaman gw wkt pake bln lalu buka web 5 mnt br terbuka, download 3 Mb an sekitar 1 jam an & disconect mulu. padahal sinyal yg gw dpt HSDPA yg diklaim lbh kenceng dr GPRS. gw smp beli modem yg bs 3,5G(sebelumnya pake hp) kenyataannya lebih parah. skr gw pake speedy yg lbh mhl, tapi gw tau konsekwensinya. pokoknya jangan mau pake ketipu. bg ada yg minat mau ngak kartu gw msh aktif smp 16 aug 2008 & gw mau buang.

    Balas
  4. pixel

    bagi yg mau pake pikir2 dulu deh, banyak yg ngeluh dan tertipu oleh isp yg satu ini.

    lebih bagus Telkom Flash dan Indosat Broadband.
    coz harga lebih murah koneksi lebih mantap!

    Balas
  5. brigs

    buat teman2 yang hendak pakai jasa mobilequ colony dari quasar harap benar2 dipikir2 lagi. Kualitas layanan dan metode pembagian bandwidth bener2 ISP kelas kambing. Sy sendiri merasa tertipu mentah2 selama 6 bulan memakai produk ini. Hampir tiap minggu ada saja gangguan ini itu, segala sesuatu yang tidak ada gunanya.

    Balas
  6. lupa

    wew.. makanya jangan percaya sama produk baru2 aplagi gak jelas2 gini.. gw pake im2 bro.. untung aj.. fiuhhh.. ganti ke im2 aj mndingan bro… mank dia sistem kontrak?

    Balas

Tinggalkan Balasan

