Mikir Tesis

Kemarin siang setelah mata kuliah kecerdasan artifisial, saya masih tinggal di kelas karena memang belum kelar Rapet Kuliax dan aktivitas yang nanggung kalau ditinggal. Ternyata ada diskusi dan presentasi dari angkatan 1 bidang khusus dimana saya belajar sekarang, plus mas dan mbak dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Mungkin ada yang bertanya kenapa ada mahasiswa/i FSRD? karena memang dari segi ilmu seni dan desain mereka lebih jago, orang teknik elektro dan informatika cenderung lebih ke teknis. DIharapkan perpaduan antara mahasiswa-mahasiswa TE dan FSRD di bidang khusus ini dapat menghasilkan suatu produk yang bagus dari sisi teknis dan non teknis seperti antarmuka, seni, dan desain. Untuk angkatan saya semester ini hanya mata kuliah Sistem Multimedia yang dicampur dengan kawan-kawan FSRD, kalau datang telat pasti nggak kebagian kursi :D

Omong-omong saya tidak lama di kelas itu, menyelesaikan aktivitas sembari melihat diskusi Pak Ari dengan mahasiswa-mahasiswa senior TE & FSRD juga presentasi tesis masing-masing kelompok, di tengah presentasi pertama saya keluar untuk kembali ke PME. Yang saya tahu sebelumnya kakak angkatan saya dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 mahasiswa atau lebih. Beberapa topik untuk tesisnya yang pernah saya lihat di pameran/open house penelitian ITB di Aula Timur:

  • Augmented (Virtual) Reality, aplikasi yang dipilih adalah simulasi penanggulangan banjir dan gunung berapi kalau tidak salah. Ada pola pada kertas, saya lupa namanya, pola ini ditangkap oleh kamera kemudian diterjemahkan oleh aplikasi dengan menampilkan kawasan pemukiman dan bangunan 3 dimensi. Jika kita menaruh sebuah kartu pada pola akan diterjemahkan oleh aplikasi dengan penambahan bendungan atau bangunan misalnya. Produknya berupa alat dengan LCD dan kamera dengan dudukan+pegangan yang dihubungkan dengan semacam tuas mekanik. Alat ini bisa digerakkan miring ke kanan, kiri, maju mundur dengan menggunakan pegangan di samping dudukan LCD untuk mengarahkan ke kertas pola atau bisa juga untuk mengarah ke cewek-cewek SMA yang datang di pameran :P *nggak penting*. Sila mengoreksi jika apa yang saya gambarkan kurang tepat.
  • Game Strategi “Sultan Agung Hanyokrokusumo”. Permainan ini mirip seperti “Age of Empires” dengan seting, karakter, daerah Mataram, dan segala hal yang berhubungan dengan Sultan Agung kala itu. Permainan ini bagus, saya baru melihat ada produk lokal seperti itu. Nggak gaul kali ye. Suara dari karakter ketika dijalankan “Siap tuan”, “Siap laksanakan”, dst. Kualitas suara perlu diperbaiki karena agak sedikit kurang bersih, masalah rekaman.
  • Simulator Pesawat Terbang. Permainan ini diintegrasikan dengan semacam mesin arcade yang sering kita temui di TIme Zone atau sejenisnya. Ada pengontrol pesawat, boks tempat duduk pemain, dan layar penampil. Mesin simulator ini bisa miring ke kiri dan kanan karena dihubungkan dengan mesin penggerak/mekanik dan sejenisnya. Jadi ketika kita mengontrol pesawat ke kiri si mesin miring ke kiri, dst. Pada saat saya melihat di pameran masih ada kutu pada permainan.
  • E-learning interaktif, saya belum pernah melihatnya. Mungkin semacam aplikasi interaktif pembelajaran digabungkan dengan konferensi video, kolaborasi kerja remote, …? tidak tahu juga.

Ketika melihat beberapa produk yang dibuat oleh kakak-kakak angkatan itu untuk tesis, saya jadi bertanya-tanya dalam hati “gimana ya cara bikinnya?”, “saya mau bikin apa ya?”, “saya bisa tidak ya?”, dst. Kok kayaknya keren gitu, paling tidak menurut saya.

FYI, tesis di bidang khusus yang saya ikuti ini berorientasi produk jadi. Sekarang sih masih bersifat akademis ke depan katanya akan menjadi profesional.

5 thoughts on “Mikir Tesis

  1. fathirhamdi

    sekedar usul sih…
    kuliax-gaming.. :D jadi turunan kuliax yang isinya memfokuskan pada tujuan permainan dan entertainment… yah.. minimal diisi epsxe atau pcsx2 ditambah management memory yang lebih advance.. kayaknya bisa jadi alternatif mesin aslinya.. :D *padahal sebenarnya aku pribadi yang punya obsesi buat bikin turunan kuliax yang fokus ke game gitu.. :p*

    Balas
  2. stwn

    makasih thir, sepertinya di bidang khusus ini sudah ada proyek yang sudah ditentukan jadi harus siap saja. Cuma katanya kita disuruh milih mau ngerjain yang mana dari beberapa pilihan :-)

    Balas
  3. nano

    wah kepikiran tesis.sama ni gw juga gi bgg mo buat apaan. kadang terlintas pgn buat yg keren dan lum da yg buat tp kq ternyata waktu terus mengejar pdhl wkt terus berjalan dan wkt gw juga tersita kerjaan jd kdg idealisme itu luntur juga.

    Balas
  4. Ping balik: stwn.ngeblog. » Tesis dan Ketertarikan stwn

  5. Ping balik: Tesis dan Ketertarikan stwn « stwn.ngeblog.

Tinggalkan Balasan

