Minggu Tenang

Update: saya lupa bercerita bahwa foto diambil dari kamera ponsel Sony Ericson punya Dixie aka Doyok dan tempat juga di kosnya. Ketauan ya nggak modal :-D

Semoga saja minggu ini menjadi minggu yang tenang, setelah kurang lebih dua (2) minggu benar-benar sibuk. Saya banyak bermain dengan EeePC, Alhamdulillah dapat pinjaman satu (1) tipe 4G/Surf warna hitam untuk dioprek. Selain saya ada Pak Budi yang dapat warna pink, hampir seminggu si pinky sempat saya bawa bolak-balik juga untuk diutak-atik. Sebelumnya saya hanya diberi hak pinjam EeePC milik si Bos pada saat di tempat kerja saja, jadi susah ketika ingin mengoprek dan tidak bisa terus bermain ketika di kos, di kelas, atau dimana-mana :-)

EeePC ini seperti yang banyak orang ketahui berukuran 7 inci, berprosesor Intel Celeron 900 MHz, RAM 512 MB. Dengan papan ketik yang kecil membuat kita harus membiasakan diri dengannya. Sub notebook ini cocok sekali sebagai perangkat bergerak bagi yang suka jalan-jalan kesana kemari. Beratnya kurang dari 1 kg, seperti membawa buku saja. Semua fungsi untuk kegiatan di jalan sudah ada, WiFi ketika di area hotspot, OpenOffice untuk mengetik, Firefox untuk merambah jejaring, PIM, dan banyak lagi. Perangkat ini sudah lebih dari cukup sebagai sebuah komputer jinjing yang mudah dibawa.

EeePC ini cocok sekali untuk komputer mobile sebagai pengganti notebook/jurnal konvensional dengan fitur-fitur lebih banyak, sedangkan untuk fungsi kerja serius seperti desain grafis dan pemrograman sepertinya kita masih butuh notebook atau PC biasa. Boleh dibilang EeePC masih sebagai perangkat kedua setelah si Thinkpad bagi saya.

Kekurangan EeePC adalah tempat penyimpanan yang relatif minim jika digunakan untuk menyimpan berkas yang besar. Ukuran penyimpan tergantung tipe, untuk EeePC pinjaman ini berukuran 4 GB itupun sudah dibagi secara default menjadi dua partisi utama: sistem 2.5 GB dan pengguna 1,5 GB. Ini bisa disiasati dengan membawa hard drive mobile yang bisa dihubungkan melalui USB, flashdisk, atau MMC. Kalaupun kita tidak membawa tempat penyimpan tambahan tersebut, dengan ukuran 1.5 GB kita masih bisa menyimpan e-mail, dokumen ketikan, spreadsheet, presentasi, ataupun halaman web dengan ruang yang cukup. Kecuali kita suka mengunduh film, ISO image, dan berkas-berkas berukuran besar lainnya. Kekurangan lainnya adalah masalah baterai yang hanya tahan kurang lebih 3 jam, dengan tujuan sebagai perangkat komputasi bergerak seharusnya EeePC dapat digunakan lebih lama, 6 jam atau lebih. Wong PSP aja bisa segitu hehe.

Berita lainnya Alhamdulillah proses pengembangan Kuliax 8.0 telah dimulai dengan adanya Rapet pertama di IRC dan persiapan untuk spesifikasi versi selanjutnya.

Tetap fokus dan terus belajar membagi waktu!

Iklan

2 thoughts on “Minggu Tenang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s