Radio Internet dan Podcast

Update: ternyata ada situs yang mendaftar radio dan podcast yang berhubungan dengan Linux/PLBOS yakni thelinuxlink.net, langsung deh saya masukin semua ke pembaca RSS ntar dipilih-pilih lagi

Terus terang baru kali ini saya bisa berlangganan radio Internet dan podcast via RSS feed. Di komputer jinjing belum pernah, pengalaman pertama ya di PSP khususnya podcast. Dulu sering coba-coba paling yang bisa radio dengan XMMS atau Audacious.

Untuk mendapatkan fitur Radio Internet di PSP, kita perlu meng-update firmware ke versi 3.80. Jika ingin menggunakan tambalan kustom untuk firmware seperti M33, dark-alex sudah menyediakan sampe rilis minor 5 (m33-5). Tinggal ikuti saja dokumentasinya, secara umum sih kopi firmware Eboot.pbp ke direktori ms0:/PSP/GAME/UPDATE/ dan jalankan, sederhana.

Setelah firmware 3.80 terinstal kita bisa mendapatkan jalur-cepat aplikasi di menu Network-Internet Radio. Di sana ada Radio Internet Guide klik saja, kita akan dibawa ke situs PSP dan unduhlah dua antarmuka radio dari sana yaitu Internet Radio Player I (Shoutcast) dan Internet Radio II (Icecast2). Untuk kanal radio-radio yang bisa diakses kayaknya sudah diset dari sononya jadi kita kurang bisa memilih atau menambah radio yang tidak ada di dalam daftar mereka. Kalau yang ingin lebih fleksibel bisa gunakan FreeRadio, sekarang udah versi 1.7.

Sebenarnya Internet Radio bawaan Sony/SCEI ini berjalan di atas perambah jejaring/web dengan skrip embedded yang dijalankan dan tentunya dukungan streaming. Memang Sony atau para pengembang perangkat harus konsen ke dukungan penuh web, fungsi apa saja harus dapat dijalankan di atasnya misal sistem operasi berbasis web Winxpsp WinPSPortal, PSPWxp, eyeOS, dan lain-lain. Pengguna hanya menjalankan satu aplikasi saja yaitu perambah web tapi dapat mengoperasikan fungsi-fungsi yang diinginkan, contoh itu tadi sistem operasi. Pengguna seperti berhadapan dengan Windows atau Linux+KDE misalnya, lihat Winxpsp WinPSPortal dan PSPWxp.

Sedangkan untuk podcast banyak situs sudah menyediakan RSS feed-nya yang dapat dimasukkan ke dalam pembaca RSS yang mendukung. Format dapat berupa MP3, OGG, atau iTunes. Di PSP kita bisa menambahkannya langsung ketika mengunjungi sebuah situs, ketika mengklik tautan yang mengarah ke berkas berformat RSS segera PSP meminta apakah akan ditambahkan di dalam pembaca RSS? setelah mengklik ya, akan ada jalur-cepat untuk RSS feed situs yang kita masukan tadi. Dari sana kita bisa klik konten podcast yang tersedia dan dengarkan streaming-nya :-)

Radio dan podcast yang sudah saya masukkan ke dalam pembaca RSS si kupat adalah LUG Radio, LinuxQuestions.org Radio, dan Lifehack.org podcast. Baru itu saja rencana masukin IT Conversations. Itung-itung untuk menyemangati, membuka wawasan dan mencari inspirasi. Ada masukan radio Internet dan podcast mana yang perlu dilanggan?

* Gambar dari moreprime.com

Iklan

7 thoughts on “Radio Internet dan Podcast

  1. *ABG alert*

    Waaaa, kupat keren banget siiii. Diperbanyak dong screenshotnya, saya pengne lihat lebih banyak lagiiii.

    Soal podcast, ini dari dulu selalu terkendala benwit. Dulu sempat mencoba mengikuti (seri lama) japanesepod101.com. Sayang podcast support di amarok masih sucks. Klo download gagal dia download lagi dari awal, huhuhuhu. Setelah itu nyoba-nyoba klien podcast lain gk pernah beres juga. Nyoba kitetv, jgua gagal. Pengen nyoba monocastnya Ed Dumbill (?), tapi terkendala mono atau something waktu itu.

    Sekarang? benwit masih cekak, malah pengen bikin podcast. Apa karena? ngeblog perlu waktu yang tidak sedikit, semntara kalau podcast kita bisa langsung ngomong :D.

    Pake Text To Speech? Bukan, bukan soal itu, tapi memeng pengne nyoba podcasting :D.

    Materinya? Suka-suka aja :p. Klo kebeneran bagus ya syukur, klo gk ya maap :D

    Kupatttt, ayo, tunjukkan kemampuanmu yang lainnn!!

  2. @toni: sayangnya aku nggak punya kamera untuk memotret kupat-in-action. pake si kupat lancar kok ton untuk radio dan podcast-nya, walaupun koneksi di sini juga lambat

    dulu ada rencana bikin radio Internet dan podcast, kan jarang di Indonesia. biasa tentang Linux/PLBOS :)

  3. @Prime: ok sorry, but i’ve saved your pspradio picture, put it in my webserver, and link this post to my-saved-pic. is that ok?

    @sangprabo: iya dalam beberapa bulan ini, posting tentang si kupat akan sering muncul hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s