Bangun Pagi = Sehat

Saya selalu merasakan sehat ketika bangun pagi dan juga bisa dengan riang gembira menjalani hari sampai dengan terlelap istirahat kembali di malam hari. Arti bangun pagi di sini adalah bangun sebelum atau pas matahari terbit. Tapi jika kebalikannya tentu saja hal-hal yang berlaku kebalikannya pula, paling tidak hasilnya akan berbeda.

Kenapa Bangun Pagi?
Menurut para ahli katanya pagi hari kadar oksigen atau O3 lebih banyak? yang dapat mengaktifkan seluruh komponen dalam tubuh ketika hidung menghirupnya? selain itu di pagi hari badan masih segar untuk melakukan aktivitas, saya sering mulai “bekerja” pagi karena ini adalah waktu yang pas dan saya bisa merasa nyaman serta lebih konsen atau fokus. Pagi kata banyak orang keren adalah simbol munculnya kebaikan, kemenangan, aktivitas gerak dan kedinamisan.

Banyak Rejeki di Waktu Pagi
Banyak hal terjadi di waktu pagi, orang-orang beribadah, kemudian mulai bekerja mencari nafkah misal bisa kita lihat di pasar-pasar pada dini hari. Para penjual sudah bersiap-siap atau malah mulai berdagang mencari rejeki, lalu umumnya ketika menjelang siang barang sudah habis terjual. Banyak rejeki di pagi hari, karena itu ada pepatah mengatakan kurang lebih “jangan tidur di pagi hari, nanti tidak dapat rejeki”. Bapak saya menerjemahkan pagi hari dengan kesempatan, ketika ada pekerjaan yang membutuhkan seseorang untuk mengerjakannya, yang bangun pagi lah yang akan mendapatkannya, yang siap lah yang akan dapat.

Cara Bangun Pagi
Banyak cara untuk bangun pagi yaitu menggunakan alarm pada jam weker, ponsel, PSP :P atau apapun yang bisa diset untuk membangunkan Anda misal istri bagi yang sudah punya. Set jam weker ponsel, PSP, dan istri Anda ke jam yang diinginkan. Pada awalnya bisa saja diset pas matahari terbit, jam 4.30 misalnya, ini relatif ya tergantung dimana Anda tinggal. Setelah itu jika kita telah terbiasa, tanpa hal-hal tersebut kita bisa bangun pagi dengan sendirinya, seperti ada yang membangunkan, tapi untuk yang terakhir kayaknya harus ada ya hehe. Tips lainnya agar bangun pagi adalah jauhi atau minimalkan maksiat, survei membuktikan orang-orang yang berhati-hati dalam hidup akan selalu bangun pagi ;-)

Setelah Bangun di Pagi Hari
Apa yang akan dilakukan ketika sudah bangun pagi? ketika berhasil terbangun di pagi hari alangkah baiknya kita bersyukur kepada Alloh karena masih diberikan hidup, kemudian buka jendela dan pintu hiruplah udara pagi, rasakan syaraf, otot, dan tulang di tubuh aktif dengan sendirinya, bagi yang alergi udara pagi pada awalnya memang tidak enak, bersin-bersin, meler, tapi setelah terbiasa semua itu akan hilang. Napas plong. Selanjutnya ambil air putih dan minumlah 2-3 gelas untuk membilas organ pencernaan, pergi ke kamar mandi, cuci muka, sikat gigi, wudhu, kemudian shalat. Setelah itu beraktivitaslah dengan gembira. Untuk tambahan suplemen kita bisa mengkonsumsi madu satu sendok makan dan segelas susu putih, coklat, atau lainnya lalu sarapan yang cukup. Bersyukurlah jika ada yang bisa membantu menyiapkannya.

Demikian tulisan seseorang yang beberapa hari ini kurang bisa bangun pagi, mungkin banyak kekurangan karena yang nulis bukan contoh yang baik :D
Silakan jika ada kritik, koreksi dan tambahan dari para pemirsa baik itu teori, cara praktis, dalil-dalil, dan lain-lain.

Iklan

10 thoughts on “Bangun Pagi = Sehat

  1. sangprabo

    *mak jleb-jleb-jleb*
    Saya malah tidurnya jam 6 ato jam 7 pagi, bangun pas adzan Dhuhur. Ato tidur jam 3, tapi abis subuh entar molor lagi sampe jam 8. Pokoknya ga tentu. Alarm dijadikan pembangun tidur? Saya malah pake itu untuk mengingatkan kalau sudah waktunya tidur. :D

    Insya Allah kebiasaan itu sedang dalam tahap perubahan. Saya pake joesgoals.com sebagai tracker. Mudah2an bisa istiqomah. ;)

    Balas
  2. fathirhamdi

    @yuda: mungkin yang dimaksudkan stwn itu isotopnya oksigen O2 . Sebagai ion, bisa membantu memperkuat ikatan nutrisi dalam darah.. Setelah melewati paru-paru bisa membantu mengangkat kotoran diparu-paru. :D

    Balas
  3. stwn

    @sangprabo: aku juga pernah pake joe’s goal tapi cuma beberapa kali aja wo :D

    @Yuda & fathirhamdi: sudah dikoreksi terima kasih, untuk menghindari salah baca aku coret O3-nya. /me sebenarnya juga kurang mengerti soal hal ini.

    Balas
  4. sangprabo

    Hehehehe… Ya gapapa, entar paling ketemu tools yang lebih bagus. Ini ada beberapa tips dari temen2 saya:
    0. Minum air putih 2 gelas sebelum tidur.
    1. Tidur di rumah orang yang kita segani (kakak, calon mertua, dlsb) katanya membuat kita bangun lebih pagi. :p
    2. Tidur lebih awal, bangun lebih pagi.
    3. Mengganti ringtone alarm sesering mungkin. (NB: ini ga berlaku buat saya :D )
    4. Tidur di kasur yang tidak terlalu nyaman. (ini saya lupa tips dari sapa…)
    5. Silaken ditambahken…

    Balas
  5. stwn

    situs yang udah didaptar banyak, joe’s goal mungkin bukan gayaku wo :P terakhir make remember-the-milk dan mo nyoba sandy

    terima kasih tipsnya wo, sebenarnya yang nomor 2 itu mau kutulis dalam posting selanjutnya :D

    yang nomor 4 mengingatkan aku tentang sesuatu

    Balas
  6. sangprabo

    Yang nomer 2 itu bisa dimekarin/diekstrak jadi beberapa poin. Katanya sih kalo orang yang susah tidur awal, biasanya lagi masa2 depresi. *aku banget*
    Beberapa solusi agar bisa tidur awal (diambil dari beberapa sumber;zenhabits,buku sean covey,omongan temen2 ): menulis jurnal, mandi, meditasi/yoga, bakar dupa / aromaterapi gitu, atau baca qur’an sampe pusing.

    Sebenernya pernah pake hape (fitur calendarnya) buat ngingetin makan, tidur, kuliah, minum susu, baca buku, dsb. Cuma klo sebentar2 alarm hape bunyi, kok saia malah jadi tertekan. :D

    Balas
  7. NadRa

    sebenarnya bangun pagi adalah masalah persepsi pikiran.

    saya pernah baca, contoh dalam buku mind power, kalau kita akan liburan dan harus bangun jam tiga pagi, karena begitu bersemangatnya kita akan bangun tepat sebelum weker jam 3 berbunyi.

    jadi ngga perlu kaget dan merasa tertekan dengan alarm. yang penting menaruh emosi semangat untuk beraktivitas keesokan harinya!

    –ngomong itu gampang, praktek itu perlu usaha–

    Balas
  8. Ping balik: kemenyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s