Keep Proving Stuff

If you keep proving stuff that others have done, getting confidence, increasing the complexities of your solutions – for the fun of it – then one day you’ll turn around and discover that nobody actually did that one! And that’s the way to become a computer scientist.” –Richard P. Feynman

Kata-kata Pak Feynman di atas menunjukkan bahwa untuk menjadi seorang inovator atau pembuat hal baru kita harus mulai dan terus belajar dari apa-apa yang sudah ada atau telah dilakukan oleh orang lain. Kalimat ini bisa diterjemahkan dengan segala bentuk hasil karya baik berupa produk, tulisan, atau yang lain. Tapi terkadang kita sering ngerasa jaim atau malu dan nggak mau mempelajari hasil karya orang, organisasi, kelompok, perusahaan atau bangsa lain. Not Invented Here (NIH)?

Ketika kita mulai membuktikan atau sedikit banyak menguasai apa-apa yang telah ada dan terus melakukan hal ini maka secara otomatis kemampuan kita baik dalam hal kurva belajar, kemampuan, dst akan meningkat dan pada saatnya nanti kita akan dapat menghasilkan sebuah inovasi atau sesuatu yang baru. Kata kunci dalam hal ini adalah konsisten, persistent atau istiqomah.

Kalau dihubungkan dengan hidup ini, secara alami kita pasti berjalan selangkah demi selangkah, berjalan cepat kemudian pada saatnya kita bisa berlari. Beberapa orang mungkin mengalami masa merangkak atau malah ngesot :-D Tidak mungkin orang yang tadinya merangkat langsung ingin lari, dia harus mulai dari berjalan dulu. Bagaimana dengan orang yang memaksa untuk lari cepat padahal dia baru dalam posisi ngesot? dia akan capek, jatuh, dan butuh waktu untuk bangkit kembali atau malah tidak sama sekali.

Mari jalani hidup ini, pelajari yang sudah ada, tetap konsisten, dan berusaha untuk “tetap alami” dalam segala hal. Alam yang diciptakan Alloh untuk kita mengajarkan banyak hal. Semoga kita semakin mengerti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s