Antara Membantu dan Tidak

Saya sering diberitahu Ibu bahwa saya harus lebih mengutamakan diri sendiri dulu baru orang lain. Seperti ungkapan “Jadilah matahari yang selalu menyinari jagat raya tanpa kehilangan kekuatannya, janganlah menjadi lilin yang menerangi sekitar tapi membakar diri sendiri”.

Sampai sekarang, Ibu masih memberitahuku seperti itu, sering bernada marah karena saya sering ngeyel. Ada kawan yang bilang “Mas, jangan terlalu baik”, ada pula yang cuma ketawa sinis melihat saya melakukan sesuatu yang menurut mereka “tidak pada tempatnya”, dan seterusnya. Alasan saya sederhana, saya hanya ingin memberikan layanan terbaik.

Beberapa hari ini ada yang minta tolong untuk dibantu tugas akhirnya, dibantu di sini diberikan clue atau arahan saja, bukan dibuatkan –kalau ini saya nggak mau dan nggak bisa. Dia bilang mau ke Bandung kalau akhir minggu untuk secara langsung berkomunikasi dan kerja. Wah saya bingung juga, karena semester ini sedang sibuk. Boleh dibilang 6 bulan dimampatkan jadi 3 bulan, minimal seminggu ada 2 kali pertemuan untuk 1 mata kuliah. Belum tugas, proyek akhir, dan lain-lain. Akhir minggu diharapkan jadi waktu buat saya untuk istirahat, PR, dan membantai TODO list.

Saya hanya mengatakan pada kawan saya itu “Ya, saya bantu tapi tolong coba dulu yang ada dalam dokumentasi itu. Jika ada masalah kita diskusikan. Lebih baik kita komunikasi lewat e-mail atau ym! saja dulu ya.”

Ya, serasa baru pertama kali saya melakukan ini, menolak orang yang datang mau belajar (mungkin yang lain tidak dirasakan :-P ). Dan hasilnya, saya malah jadi berpikir ini adalah langkah yang bagus untuk memperlakukan diri saya lebih baik, seperti yang dilakukan pada negosiasi seminar lalu ;-)

Aha, sepertinya saya semakin dewasa saja hehehe..

One thought on “Antara Membantu dan Tidak

Tinggalkan Balasan

