Linus: Lakukan Saja!

Melanjutkan posting sebelumnya tentang wawancara apcmag.com via e-mail dengan Linus Torvalds. Tulisan ini hanyalah ringkasan dari wawancara tersebut di atas dan bisa dibilang yaahh “terjemahan” ke dalam Bahasa Indonesia gitu :-)

Linux Masih 2.6.x

Ketika ditanya tentang rilis 3.0 dan apa saja perubahan yang terjadi dibandingkan dengan 2.6, Linus menyatakan tidak pernah berpikir untuk menaikkan versinya ke 3.0 karena para pengembang Linux sudah bagus selama ini dalam memperkenalkan fitur-fitur yang cukup besar tanpa mengacaukan basis kodenya dan juga fungsi-fungsi sebelumnya.

Linux Masih Punya “Banyak Pohon” :-)

Linux saat ini mempunyai beberapa tree kernel yaitu -mm yang di-manage oleh Andrew Morton dan -ac oleh Alan Cox. Tree -mm adalah tempat di mana kode-kode baru diujicobakan sebelum masuk atau digabungkan ke rilis kernel Linux resmi dan itu tidak jauh berbeda dengan tree -ac. Catatan: tree -ac tidak terupdate sejak 2005.

Seperti yang kita tahu, Linus dan para pengembang Linux/Perangkat Lunak Bebas dan Open Source (PLBOS) menggunakan model pengembangan terdistribusi dan terdesentralisasi. Dari tree kernel yang besar mempunyai banyak treetree yang kecil seperti subsystem, driver, atau secara spesifik misal driver kartu jaringan, grafis, kartu suara, dan ini di-manage oleh masing-masing maintainer.

Linus berpendapat bahwa melakukan fork dalam sebuah proyek tidak buruk dan menurutnya kebanyakan pengembangan perangkat lunak adalah kumpulan forkfork kecil tanpa orang menyadarinya. Linus sendiri mengajak orang-orang untuk melakukan eksperimen dengan fork dan membuatnya “bersahabat” dengan tree utamanya. Jika kode yang di-fork memang sesuai dengan keinginan atau rencana pengembang itu tidak masalah. May the best code win.

Pengaruh Linux di Dunia Komputer

Linux telah banyak berpengaruh pada ranah sistem operasi dan menjadi sebuah instrumen yang mengangkat PLBOS ke mainstream pengembangan perangkat lunak. Sebelumnya sudah ada PLBOS sebelum Linux, tapi Linux adalah sebuah kesuksesan dan merubah cara pandang orang memandang PLBOS.

Menurut Linus, Linux mengambil cara yang lebih pragmatis yaitu menjadi atau menunjukkan sesuatu yang secara teknis menghasilkan proses pengembangan yang lebih baik di dalam teknologi yang kompleks, tidak secara ideologi.

Buat Eksperimen Kecil Linux

Untuk dapat berkontribusi di dalam proyek kernel Linux seseorang sebaiknya melakukan hal yang kecil dulu seperti hal-hal yang menganggu dirinya pada saat menggunakan Linux dan coba perbaiki itu. Linus hanya berkomentar “Programming kernel cukup kompleks, jika tidak benar-benar tertarik kita akan kehilangan motivasi terlebih dulu sebelum kita mendapatkan level tertentu”.

Linus memberikan catatan dari James (Morris?): rekomendasi untuk membaca “Linux Kernel Development” 2nd Edition oleh Robert Love, pengembang Linux profesional dan “insider“. Buku ini menunjukkan gambaran besar kernel dan fokus pada seri kernel 2.6.

Rekomendasi Bagi Produsen Perangkat Keras

Sudah cukup banyak perusahaan perangkat keras melakukan hal yang baik pada Linux/PLBOS, seperti membuka spesifikasi dan datasheet. Jika perusahaan mendukung secara bagus di Linux, para pengembang khususnya Linus akan merekomendasikan kepada komunitas untuk membeli perangkat keras dari perusahaan-perusahaan itu.

Lakukan Saja!

Linus mengatakan tidak sebangga itu melakukan kontribusi dan “kegiatan sosial” kepada dunia dengan Linux, karena itu memang bukan tujuannya. Hal itu menurutnya adalah sebuah bonus yang besar dan semua kembali kepada banyak orang yang melakukan kontribusi.

Linus bangga dengan kekonsistenannya dalam melakukan sesuatu yang dia sebut dengan “Just Do It” selama lebih dari 15 tahun, selain itu Linux sudah membantu mengembangkan budaya teknologi open source.

Linus Bangga dengan Teknologi

Seperti biasa Linus selalu mengatakan hal yang bias untuk memotivasi orang-orang di luar dia untuk melakukan lebih baik seperti kata-kata “I think we have tons of areas where we’re just better than anybody else. We handle portability better, we handle the development process better, and yes, we also end up having better memory management and a better filesystem layer than anybody else.” atau “So there’s tons of things on the technical side that I’m really proud of how we handle.

Secara implisit Linus ingin mengajak orang-orang untuk berusaha mengembangkan lebih baik lagi teknologi, jadi no offense karena tujuannya baik dan memang harus kita sadari itu adalah gayanya ;-)

Bersambung lagi…

Iklan

One thought on “Linus: Lakukan Saja!

  1. Ping balik: University Update - Linux - Linus: Lakukan Saja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s