Linus, Linux, dan Perkembangannya

Saya seharusnya menuliskan posting ini Kamis lalu, tapi karena ada banyak hal yang perlu dikerjakan baru bisa dilakukan sekarang dan inipun dilakukan bertahap.

Seperti kawan-kawan yang telah membaca wawancara apcmag.com via e-mail dengan Linus Torvalds baru-baru ini tentang “Masa Depan Linux”, kita akan belajar banyak hal dari cerita sang maestro sistem operasi Linux ini.

Linux telah berubah dari tahun ke tahun dan tidak terasa sudah 15 tahun lebih Linus dan para hacker di seluruh dunia mengembangkannya baik level sistem operasi maupun aplikasi di atasnya. Distribusi Linux banyak bermunculan sekarang salah satunya Kuliax :D, perangkat-perangkat seperti mobile phone pun sekarang banyak yang berbasis Linux, contoh Motorola RAZR2 V8.

Pada wawancara apcmag.com, James Buchanan, sang pewawancara, mengatakan bahwa perkembangan Linux semakin bagus saja tapi sedikit yang mengetahui berita terbaru kernel Linux sekarang, kemana Linux akan dibawa, bagaimana versi 3.0, dan hal yang non teknis seperti apa yang Linus lakukan sekarang ini juga di waktu luangnya. Berikut saya rangkumkan secara singkat wawancaranya.

Linus Suka “Bawahan”

Linus lebih menyukai hal-hal yang berhubungan dengan level bawah di sistem komputer daripada level aplikasi seperti antarmuka pengguna dan lain-lain. Ketika ditanya tentang susahnya bermain pada level sistem operasi, Linus mengatakan Dia tidak menyadari akan hal ini juga tidak pernah berharap mengopreknya lebih dari 15 tahun.

Linus Kerja di Linux Foundation

Sebelumnya Linus memang bekerja di perusahaan prosesor Transmeta selama 7 tahun, kemudian Open Source Development Labs (OSDL), dan sekarang Linux Foundation yang merupakan gabungan dari OSDL dan Free Standards Group (FSG), sebuah konsorsium vendor-neutral yang berisi perusahan-perusahaan untuk membantu perkembangan Linux. Linus sendiri digaji untuk mengembangkan kernel Linux. Work for fun eh?

Linus “Cuma” Bilang Ya dan Tidak

Di pengembangan kernel Linux, Linus jarang menulis kode lagi seperti pada awal perkembangan Linux. Yang dilakukannya sekarang adalah berkutat dengan aliran kode para pengembang dan menggabungkannya, kurang lebih seperti berkata “ya” dan “tidak” pada kode yang di-submit para pengembang kernel Linux di seluruh dunia, serta memberikan petunjuk solusi apa yang bisa dilakukan pada permasalahan kode. Dalam dua tahun ini Linus lebih banyak menulis kode untuk git, sebuah perangkat lunak untuk manajemen kode sumber (SCM).

Kernel Linux 2.6.x Dirilis Tiga Bulan-an

Proses pengembangan kernel Linux 2.6 telah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan rilis sebelumnya. Hanya dalam waktu dua atau tiga bulanan rilis 2.6.x akan muncul. Jarak antara rilis stabil menjadi lebih singkat dari tahunan menjadi bulanan. Ini akan mempermudah siapa saja yang ingin mengikuti dan melakukan hacking Linux, khususnya vendor kernel. Linus mengatakan akan tetap mempertahankan model 2.6.x kecuali perubahan radikal terjadi. Peningkatan secara incremental atau “sedikit-demi-sedikit” memang jadi cara yang umum diterapkan di pengembangan kernel Linux dan FOSS/PLBOS.

Bersambung…

Iklan

2 thoughts on “Linus, Linux, dan Perkembangannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s