Informasi Begitu Cepat

Saya benar-benar semakin merasa informasi yang lalu lalang begitu cepat. Lalu lintas informasi begitu padat. Apalagi kalau kita lihat detail-detail dari yang lewat itu, misal aplikasi web yang canggih-canggih, artikel dari feed-feed yang ter-publish di Internet, …

Kita bisa lihat bagaimana kebebasan dan keterbukaan di dalam informasi menjadikan setiap orang dapat menjadi sumber informasi, tidak hanya menerima saja tapi juga memberi. Perangkat lunak bebas, open source, blog, wiki, dan lain-lain yang menjadi fenomena keterbukaan sekarang adalah sesuatu yang alami. Cermin dari kehidupan nyata kita.

Kita harus cepat dan tanggap, tapi tidak masuk akal jika kita akan melahap semua informasi yang lewat. Yang bisa kita lakukan adalah mengambil hal spesifik dari informasi yang ada di depan mata untuk menyelesaikan pekerjaan kita atau sesuai dengan ketertarikan kita. Kita tidak boleh kemaruk.

Hari ini dan masa depan dunia ke depannya adalah setiap orang akan memiliki kemampuan spesial dan masing-masing dari mereka secara alami akan saling membantu dan bertukar/berbagi informasi. Hebatnya suatu negara nanti karena banyaknya orang yang mempunyai kemampuan bermacam-macam tapi tidak dalam satu bentuk fisik, selain itu ilmu pengetahuan akan jadi tolok ukur yang berarti. Knowledge economy? Knowledge blablabla?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s