Mengambil E-mail di Yahoo!

Saya punya e-mail di penyedia layanan e-mail terkenal sejak jaman dulu, yaitu Yahoo!. Kenapa saya bilang terkenal? karena memang ketika orang menanyakan mau bikin e-mail gratis selalu dijawab Yahoo! oleh sebagian besar lainnya :P.

Apa masalahnya stwn dengan mail di yahoo? sudah lama e-mail saya di sana jarang diperiksa, akun di yahoo cuma digunakan untuk mailing list dan coba-coba, tapi sering orang-orang kirim beberapa e-mail ke sana. Jadi agak repot juga ketika ada yang kirim e-mail tapi saya bilang “mana belum nyampe? kirim ke e-mail mana?”. Memang saya hanya sering memeriksa e-mail di jogja.linux.or.id, *duniasemu.org, kuliax.org, gmail, juga mail kantor *.ac.id.

Baru-baru ini saya ingin mengorganisasi e-mail, terutama karena ide untuk memusatkan segalanya pada satu tempat, selain menghemat waktu itu akan meningkatkan produktivitas kita. Kebetulan saya menggunakan mail client KMail dan setiap hari saya unduh semua e-mail dari account yang saya punya ke komputer lokal.

Semua e-mail saya bisa diambil via POP3 tapi hanya yahoo.com yang tidak bisa, mereka minta kita membayar untuk mendapatkan layanan ini. Jadi teringat dulu ada aplikasi yang namanya Yahoo Pop atau sejenisnya untuk mengambil e-mail dari yahoo.com, walaupun sebenarnya ini hanya semacam “emulasi” saja. Karena sebenarnya yang dilakukan aplikasi-aplikasi tersebut adalah melakukan koneksi HTTP, login, mengindeks e-mail, kemudian mengambilnya. Bukan melalui protokol POP3. Walaupun begitu, itu hebat!

Setelah mencari, ketemu aplikasi bernama YPOPs! dan ternyata website aplikasi ini sejak Desember 2006 tidak di-update, saya iseng coba aja, ambil untuk platform Linux dan jalankan, muncul pesan kesalahan, libssl* dan libcrypto*. Saya buat saja symlink, aplikasi jalan tapi tidak menunjukkan progress yang berarti. Kemudian ketika melihat di halaman indeks YPOPs! ternyata ada keterangan bahwa aplikasi ini terinspirasi dari FetchYahoo! yang dibuat dengan Perl! Segera saya kunjungi situs FetchYahoo! dan yes, aplikasi ini di-update, terakhir 8 Juni 2007.

Saya mengunduh versi 2.10.8, ekstrak, dan jalankan via baris perintah, yang penting bisa dipakai dan fungsional. Jangan lupa baca dokumentasi kebutuhan dan cara menggunakannya. Berikut keluaran ketika menjalankan FetchYahoo!:

stwn@kuliax-testing:~/Desktop/fetchyahoo-2.10.8$ ./fetchyahoo
No username specified.
Please enter your Yahoo! username: blablabla

* WARNING * Term::ReadKey is not installed. Your password will be displayed on the screen.

Either Ctrl-C and install Term::ReadKey or make sure noone is looking at your screen.

Please enter your Yahoo! password: thisismypassword
No mailbox or mailspool specified.
Please enter the path to and name of your mail spool or mailbox (eg /var/spool/mail/username): ./stwn
Logging in securely via SSL as blablabla on Mon Jul 9 05:40:49 2007
Successfully logged in as blablabla.
Country code : us Folder: Inbox Version: 2.10.8
Getting Message ID(s) for message(s) 1 – 25.
Getting Message ID(s) for message(s) 26 – 50.
Getting Message ID(s) for message(s) 51 – 75.

Only the first 90 of 1344 is being downloaded.

Getting Message ID(s) for message(s) 76 – 90.
Got 90 Message IDs
….5….[10]
….5….[20]
….5….[30]
….5….[40]
….5….[50]
….5….[60]
….5….[70]
….5….[80]
….5….[90]

Finished downloading 90 messages.
90 message(s) have been deleted.

Lho? kenapa hanya 90 pesan yang terambil, tidak 1300 sekian? karena memang secara default FetchYahoo! hanya mengambil 90 e-mail pertama, jika lebih mungkin akan menyebabkan masalah, kata help. Jadi kalau punya e-mail lebih dari 90 lakukan lagi hal yang sama sampai e-mail di INBOX terambil semua :D

Lalu setelah semua diunduh diapakan berkas mail-nya? Arahkan mail-client kita ke berkas tempat menyimpan mail-mail hasil unduhan, kasus saya bernama “stwn”, atau gunakan fasilitas impor di mail client dan pilih format mbox files.

Membutuhkan dukungan untuk menjalankan FetchYahoo!? silahkan komentar di sini saja.

4 thoughts on “Mengambil E-mail di Yahoo!

  1. tunggul

    Hehe, jadi inget.. dulu setelah sekian lama pakai @matralintas (thanks to your qmail setup :D) yang kapasitas bergiga-giga (dulu belom ada gmail :p), trus mailservernya down dan terpaksa daftar yahoomail. Setengah mati bacanya. Sampai akhirnya nemu fetchyahoo, bisa pakai mutt deh

    Balas
  2. stwn

    sempet juga bilang sama temen sebelah di sini “dirimu nggak capek baca yahoo via web, bolak-balik gitu?”

    keren ya si fetchyahoo bisa di-maintain sampai sekarang, nggul

    Balas

Tinggalkan Balasan

