Catatan Migrasi

Posting ini diambil dari catatan saya di log kantor dengan sedikit pengeditan. Saya seharian di Farmasi “menghijrahkan”* dua komputer ke Linux dari permintaan lima komputer, bersama manda**. Yang paling lama dari kegiatan ini adalah “sesi” pendampingannya, sampai sore. Ada sedikit catatan atau simpulan pada hari itu:

  • Ketika memberikan informasi kepada pengguna diharapkan tidak saling “berebut” untuk menjawab pertanyaannya. Salah satu saja yang berbicara kemudian yang lain menambahkan. Pengguna tidak bingung, kita juga tidak terlihat tidak kompak.
  • Berikan satu opsi untuk pengguna dalam pengguna Linux/PLBOS, berikan yang termudah, kalo bisa yang biasa dia gunakan pada platform sebelumnya.
  • Berikan kesempatan pengguna untuk mencoba mesin Linux dan ajak bicara tentang kebutuhannya dan ketersediaan pada mesin sekarang.
  • Berikan informasi yang cukup atau pas pada pengguna awam, tim sebaiknya tidak membanjiri informasi yang membuat mereka bingung. Kita harus bertahap dalam mengedukasi pengguna baru.
  • Update: kita berikan apa saja yang pengguna inginkan untuk kebutuhan mereka, sepanjang itu memungkinkan, misal aplikasi spesifik, kamus, dan lain-lain.

* Farmasi membuat istilah “menghijrahkan” pada surat resmi migrasi ke software bebas
** Seorang laki-laki lho :-)

Update: 11 Juli 2007, lihat poin Update

Iklan

One thought on “Catatan Migrasi

  1. Ping balik: University Update - Linux - Catatan Migrasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s