Inisiasi dan Komunikasi

Ketika kita berada di sebuah tempat yang asing, yang kita lakukan hanyalah meraba-raba lingkungan dan melihat sekeliling. Apakah ada seseorang yang kita kenal? berharap ada yang mengajak bicara dan berjalan-jalan memperkenalkan tempat tersebut juga aturan mainnya.

Dan jika ternyata tidak ada seorang pun atau maksimal hanya beberapa orang yang mengajak ngobrol sambil lalu membuat kita merasa sendirian. Apa yang seharusnya saya lakukan? bagaimana harus berinteraksi dengan orang yang memakai kopiah? apa itu yang ada di pojok dekat gubug reyot? … kita hanya menebak-nebak. Kalau beruntung kita bisa membuat rencana sendiri apa yang akan kita lakukan di tempat itu dan beberapa hari atau minggu ke depan.

Tapi ternyata tidak semua orang dapat melakukan hal itu, sebagian besar hanya bingung mencari tahu ada apa, mengapa, bagaimana, dan pertanyaan-pertanyaan yang mengembara kemana-mana. Tidak jika kita dapat berkomunikasi atau kita diajak komunikasi oleh orang di sekeliling kita. Opsi pertama yang penting karena kita tidak selalu bisa berharap orang mau memulai pembicaraan dengan kita.

Inisiasi atau orientasi tempat seharusnya jadi langkah kedua ketika kita berada di tempat baru. Orang yang sudah lama berada di tempat tersebut yaitu umumnya yang membawa kita, seharusnya dapat memperlihatkan dan memperkenalkan budaya, prosedur, tata cara, aturan, kondisi, dst. Sehingga kita tidak kaget ketika tiba-tiba ketika duduk di sebuah kursi yang sepertinya tidak berpemilik diminta oleh empunya, ada duri, ada permen karet, patah karena sudah tua/berayap, atau hanya masalah kursi itu diperuntukkan bagi penguasa tempat itu.

Setelah itu komunikasi harus selalu dipertahankan, seperti mempertahankan api lilin yang tertiup angin di kegelapan malam :D

Iklan

2 thoughts on “Inisiasi dan Komunikasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s