Kamu Kerja Dimana?

Pertanyaan “Kamu/Anda kerja dimana?” selalu ada ketika bertemu dengan orang-orang, terutama berhubungan dengan keluarga ataupun kerjaan.

Terus terang ketika ditanya seperti itu saya jawab “kerja di kos”, “cuma tidur-tiduran di kamar”, “jalan-jalan aja”, “kumpul-kumpul sama temen-teman”, dan sejenisnya. Pertanyaan ini muncul banyak di tempat seminar, ketika bertemu dengan saudara/calon saudara, kantor sebuah perusahaan, dll.

Kenapa pertanyaan tersebut muncul pada tempat atau momen seperti itu? jawabannya karena si penanya ingin mengetahui sejauh mana yang ditanya sukses, tentu saja sukses dalam pikiran umumnya orang, yang mungkin bisa berarti angka, kedudukan, dst. Yang nanti jika jawaban sesuai akan meningkatkan kredibilitas dan pamor yang ditanya. Mungkin malah pertanyaannya jadi bersambung terus, apalagi ada kartu nama tertulis title, nama, dan nomor telepon yang bisa dihubungi lebih lanjut.

Saya sering tertawa sendiri ketika orang menanyakan hal-hal seperti itu dan bertanya-tanya gimana sih stwn ini, macam apa si stwn, bagaimana si stwn bisa hidup, punya laptop, belanja-belanji, dst sedang dia pengangguran, hanya gluntang-gluntung. Malah mereka sering menebak saya punya bisnis, proyek, atau apalah di belakang layar. Padahal, saya beruntung punya “angel investor” yang menyokong. Ya ada sih bentuk kecil pemasukan tapi ukurannya terlalu kecil untuk dibandingkan investasi dari si “angel“. Alhamdulillah, saya bersyukur bisa hidup, makan, dan mendapatkan “doa sukses” dari orang-orang itu.

Saya tahu yang orang harapkan sebagai jawaban adalah saya bekerja di instansi X, perusahaan Y, PT. Z, Bla Incorporated, … Baiklah, kalau yang diinginkan seperti itu. Tanyakan saja hari ini sekali lagi pertanyaan “Kamu kerja dimana?” saya akan jawab: di sini. Puas?

3 thoughts on “Kamu Kerja Dimana?

  1. fathirhamdi

    wedew.. ini pasti masih terngiang-ngiang dari sindirian orang-orang birokrat ditempat “itu” ya? Yah.. mau bagaimana lagi.. mereka menganggap diri mereka yang paling sukses sih..

    Balas
  2. stwn

    @agung: saya juga tahu soal dirimu gung :-)

    @fathirhamdi: terngiang-ngiang? nggak juga thir. yah memang sering kok kita mendapati pertanyaan itu. ya kan?

    Balas

Tinggalkan Balasan

