Nanya Linux 31.05

Pertanyaan-pertanyaan tentang Perangkat Lunak Bebas dan Open Source (PLBOS) khususnya di lingkungan GNU/Linux sering terjadi di kalangan pengguna. Saya sendiri sering mendapat beberapa di antaranya lewat percakapan, diskusi, telepon, bahkan sms.

Saya pikir asik juga kalau seandainya itu dapat ditulis di sini, yah pertanyaan singkat dengan jawaban singkat disertai dengan penunjuk ke alamat atau sumber yang telah ada. Berikut pertanyaan dan jawaban yang saya mampu.

  1. Saya pakai Kubuntu LiveCD kok tidak bisa mount harddisk-ku yang berisi win* ya? Kemungkinan partisi Anda bertipe NTFS, Kubuntu secara default tidak menyertakan dukungan pada tipe sistem berkas ini. Unduh lewat utilitas apt-get, Adept, atau Synaptic untuk mendapatkannya, cari nama program ntfs-3g. Untuk Feisty Fawn, ntfs-3g sudah ada pada rilis universe. Informasi lain bisa Anda dapat di MountingWindowsPartitions/ThirdPartyNTFS3G atau bisa menggunakan Kuliax 6.0 yang mempunyai dukungan sistem berkas NTFS yang out-of-the-box.
  2. Bagaimana konfigurasi di fstab agar pengguna biasa dapat me-mount partisi? Gunakan opsi user atau users. Contoh: /dev/hda5 /media/hda5 reiserfs rw,noauto,users 0 0
  3. Saya sedang me-remaster KNOPPIX tapi setelah “jadi” ISO image dan dibakar di CD, kemudian di-boot keluar pesan “Can’t find filesystem”? Pastikan berkas dan direktori KNOPPIX adalah KNOPPIX bukan Knoppix, knoppix, atau sejenisnya. Di dunia *ix dan Linux, huruf besar dan kecil berbeda. Kemungkinan lain, driver untuk perangkat boot tidak termuat pada saat minirt.gz di ekstrak dan linuxrc dijalankan.
  4. Waktu remaster distro KNOPPIX, kata KNOPPIX dalam linuxrc diganti semua ya? Iya jika ingin mengganti semua atribut KNOPPIX, tapi jangan lupa periksa dan tes apa yang Anda ganti, juga berikan kredit pada pembuat sebelumnya.
  5. Bagaimana cara membuat link yang nggak ada targetnya, seperti direktori /bin -> /cdrom/DistroKu/bin/? Buat saja langsung, tidak ada pengecekan kok apakah target ada atau tidak dari si program ln‘ ketika membuat link. Pasti Anda belum mencoba kan, cobalah dulu sebelum bertanya.
  6. Aku sudah melakukan apa yang bisa dilakukan tapi kenapa hasil oprekkan distro LiveCD saya tidak bisa boot? Periksa apa yang sudah Anda ubah, cross-check. Jika Anda tau cara kerja dari sebuah distro LiveCD, pasti Anda dapat menemukannya. Anda pasti bisa!
  7. Kalau di win* ada netsend untuk kirim teks ke komputer lain via jaringan lokal, di GNU/Linux pakai apa ya? Coba pakai linpopup2. Setelah saya melakukan pencarian, pilihan lainnya LinWinTalk atau bisa menggunakan baris perintah smbclient -M [nama]`.
  8. Bagaimana caranya menjalankan cnet di Kuliax 6.0? Jalankan `cnet-examples` dan lihat keterangannya :-)

Woahh, akhirnya inbox dan outbox sms saya sudah lega. Sebelumnya pengen menghapus tapi baru-baru in merasa eman karena lumayan bisa jadi dokumentasi, hmm FAQ lucu juga ya.

Silahkan bagi yang ingin mengoreksi jawaban saya.

Iklan

5 thoughts on “Nanya Linux 31.05

  1. stwn

    bikin buku ya bikin buku, sedang diusahakan. tapi kalau pertanyaan, diskusi, dll tidak mungkin dijadikan buku karena masing-masing punya topik berbeda dan macem-macem.

    buku bisa jadi jalan pembuka untuk memulai diskusi, pertanyaan, kritik, dst. selanjutnya tinggal buat tempat dokumentasi yang bisa diperbaharui sewaktu-waktu, kalau bisa bersama-sama (wiki).

    Balas
  2. stwn

    itu jawaban untuk pertanyaan yang terlalu general, tidak disertai detail spesifik, atau orangnya hampir selalu bertanya dan kurang mengekplorasi/mencoba secara maksimal :D

    Balas
  3. fathirhamdi

    Sebenarnya bisa aja sih, bikin buku yang isinya seperti pertanyaan-pertanyaan simple dan bagaimana kita menanggapinya.. :D

    hihihi.. jadi kayak novel deh jadinya… mirip kayak novel-nya War of Warcraft, yang isinya ternyata tentang diskusi dan omong2 enteng tentang pengembangan game WoW yang akhirnya jadi seperti sekarang ini :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s