Laporan 08.04

Agak lama juga rasanya tidak menulis di blog ini. Sepertinya tidak ada hal menarik yang perlu dilaporkan, tapi saya coba ungkapkan sedikit tentang status perjalanan semenjak saya lulus. Yang saya lakukan menjelang wisuda sampai sekarang, walaupun dengan kemampuan seadanya saja adalah berhubungan dengan sekolah dan beasiswa:

  • Mempelajari bermacam-macam beasiswa dari berbagai sumber dan penyedia.
  • Mensurvei dan mempelajari universitas-universitas beserta fakultas, jurusan, kurikulum dan silabusnya. Setelah mensortir hasil survei, didapatkan TU/e dan Rits sebagai universitas tujuan, disesuaikan dengan kemungkinan beasiswa. Saya ambil jurusan Computer Science and Engineering, spesialisasi System Engineering di TU/e (sebenarnya kepengin juga ke Software Technology tapi pengalaman kurang), dan Science and Engineering di Rits.
  • Menyiapkan berkas-berkas persyaratan yang lumayan banyak: borang aplikasi, fotokopi ijazah, transkrip, legalisir, akte, sertifikat TOEFL ITP, resume/CV, daftar mata kuliah yang sudah diambil, cover letter atau motivation letter, surat rekomendasi dosen/dekan, rangkuman skripsi, rencana studi/riset, translasi semua dokumen.
  • Bolak-balik ke kampus, pusat bahasa, tes TOEFL, tes TPA, pokoknya jalan-jalan, sampe ke Jakarta pula dan bermalam di masjid hihihi.
  • Mengirimkan aplikasi beasiswa ke TU/e, Rits, dan Depkominfo.
  • Menunggu sambil melakukan kegiatan misalnya tidur, ngopi, ngenet, dst.

Berikut status aplikasi beasiswa saya sampai detik ini:

  • Depkominfo: gagal. Saya mengetahui pengumumannya senin malam (02/04) di KPTU, kebetulan ketemu dan sebelahan dengan seseorang yang berbeza.
  • Rits: menunggu. Dilaporkan oleh Wiki angkatan 2005 di Rits, seleksi berkas sudah dilakukan dan saat ini dalam tahap yang melibatkan profesor-profesor di Rits, jumlah 90 orang. Sayangnya saya tidak tahu apakah saya masuk dalam 90 orang tersebut.
  • TU/e: nilai TOEFL ITP kurang hehe, rencana akan mengambil tes saya yang kedua tanggal 18 April ini di Semarang dan segera mengirimkan kembali hasilnya jika nilai memenuhi syarat.

Beberapa pilihan lain jika gagal semua (worst-case-scenario uhui):

  • Mencari kerja: sekarang sedang mensurvei pekerjaan di jobsdb.com dan jobstreet.com, meng-update CV, membuat resume, dan surat lamaran kerja. Bidang: system, networking, dan security karena saya ada pengalaman dalam bidang ini. Sebenarnya ingin juga ke bidang lain seperti software technology tapi dengan pengalaman yang kurang saya belum yakin bisa menang dalam kompetisi bidang ini.
  • Melamar beasiswa lagi: yang masih terbuka pendaftarannya adalah EduFrance dan STUNED. Yang baru saja buka pendaftaran untuk tahun depan, 2008-2009, adalah beasiswa ke Jepang dan Amerika.
  • Belajar atau kursus bahasa Inggris: dengan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan agaknya repot jika nanti ada kesempatan beasiswa lagi.
  • Olah raga, jaga kesehatan, dan makan teratur: semua hal perlu didukung tidak saja kemampuan pikiran atau jiwa saja tapi fisik juga harus siap.

Ok deh, kita tidak boleh menyerah, terus berusaha! :D

Laporan selanjutnya adalah saya sudah tidak menjadi ketua KPLI Jogja lagi sejak musyawarah tanggal 23 Maret di DTE, kini yang melanjutkan estafet perjuangan komunitas Linux/FOSS secara organisasi adalah Agung Nugroho dan kawan-kawan.

Program kerja sudah dirembug pada tanggal 1 April yang dihadiri cukup banyak orang. Saya melihat antusiasme dan semangat kawan-kawan yang begitu besar, semoga kita dapat mewujudkan program kerja dan bisa mempertahankan komunitas agar tetap eksis/solid sepanjang jalan kenangan masa. Saya akan terus mendukung dan ikut andil semampu yang saya bisa.

6 thoughts on “Laporan 08.04

  1. yak benar. kalau diriku tak ke Bandung, dirimu tak ketemu diriku Zak :D

    belum coba melamar lagi, rencana 2 tahun lagi insya Allah

Tinggalkan Balasan

