Serangan Spam

Tidak tahu mengapa serangan spam akhir-akhir ini begitu banyak, baik di e-mail atau di blog. Sering saya kerepotan sendiri, walaupun seharusnya saya sudah memasang filter di mail client atau anti-spam di blog, ini tidak saya lakukan karena memang sedang ngutek-ngutek yang lain :P.
Terpaksa ya nambah-nambah kerjaan dengan menghapus satu per satu spam, kadang jadi pekerjaan mengasyikkan lho.

Biasanya saya menghapus spam dari Inbox melalui webmail client, Squirrelmail, atau mail client KMail, mungkin Anda menggunakan Mozilla Thunderbird, Evolution, Sylpheed, atau yang lain. Asal jangan Outlook ya. Ok lanjut, ketika terhapus, otomatis e-mail yang dianggap sampah akan masuk ke Trash atau Tong Sampah, kebiasaan saya memeriksa kembali apakah ada e-mail yang terbuang dengan tidak disengaja, kita bisa saja melakukannya karena umumnya kita menekan tombol Delete secara terus menerus untuk menghapus spam yang bejibun.

Beruntung, Alhamdulillah, kemarin saya berhasil menyelamatkan sebuah e-mail dari universitas tempat saya melamar yang isinya saya harus memperbaiki borang kuisioner dan diminta untuk dikirim kembali secepatnya. Sebelumnya memang saya kira e-mail tersebut spam karena tidak tahu saya merasa kalau judul dan nama pengirim itu model-model spam hehe, ditambah isi e-mail yang berformat HTML! Di KMail, kalau pada pengen tahu, secara Default menonaktifkan/tidak memperlihatkan isi e-mail berformat HTML secara langsung untuk alasan keamanan dan bisa dilihat jika kita meng-klik “by clicking here“. Saya baru sadar ketika memeriksa bahwa ada nama universitas yang saya kenal ada di body e-mail, walaupun “tercampur” dengan tag-tag HTML. Saya lihat isi sebenarnya lewat klik “by clicking here“, muncul, dan perasaan saya senang+bersyukur. Alhamdulillah. Spam spam, sepertinya harus ada usaha khusus nih.

Note: Halo Dedy, gimana kabar mailbox-mu? :D

One thought on “Serangan Spam

Tinggalkan Balasan

