Engineers Rule!?

Akhirnya saya menemukan jawaban dari pertanyaan “Mengapa engineers mempunyai kesempatan dan hampir selalu menempati posisi yang penting di berbagai tempat?”. Melihat pengamatan saya di sekitar universitas, badan pemerintah, perusahaan, dan lain-lain, engineers terlihat sebagai pahlawan, minimal dalam situasi genting seperti penyelamat proyek disaat deadline, dst :D

Membaca tulisan Pak Budi berjudul “The Engineers” saya mendapatkan jawaban dari kutipan buku “The Engineers and the Price System” karya Thorstein Veblen, 1921, bahwa suatu saat engineers akan menguasai ekonomi Amerika. Ini dikarenakan ekonomi yang dibangun berbasis teknologi dan engineers-lah yang ahli dalam bidang ini. Beliau mengatakan pada mulanya engineers hanya jadi pekerja saja, tidak terlibat dalam bisnis. Contoh engineers yang menjadi pahlawan ekonomi yang beliau sebut adalah Jim Clark dengan Silicon Graphics (SGI) dan Netscape, Bill Joy dari Sun, Jerry Yang/Dave Filo dengan Yahoo!-nya. Ada yang kurang yaitu Larry Page dan Sergey Brin (Google).

Pak Budi juga berpendapat bahwa Indonesia mempunyai banyak engineer tapi tidak banyak yang jadi “pahlawan”, karena ekonomi Indonesia belum berbasis teknologi atau bekal kewirausahaan, manajemen/bisnis yang kurang.

Tulisan tersebut dibuat pada tahun-tahun lalu –sekitar 2002 sepertinya– yang kondisinya agak berbeda dengan sekarang, dimana sekarang sudah mulai banyak engineer muda yang berani berada di posisi penting di dalam proyek, perusahaan, dan juga berinisiatif melakukan start-up.

Yang jelas dengan adanya era Teknologi Informasi (TI), engineers khususnya TI akan “menguasai” semua bidang dalam tahun-tahun mendatang, semua sektor akan membutuhkan TI untuk mendukung produktivitasnya (efektifitas dan efisiensi). Dan sebenarnya memang tidak dipungkiri jika disebut secara kuantitas, engineers kita masih kalah dibandingkan negara lain seperti taiwan, china, jepang, india. Walaupun secara kualitas per individu mungkin kita sama atau bahkan lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s