Orderan Datang Lagi

Update: 16 Oktober 2006; 18:03> Saya lupa satu poin yaitu Security atau Keamanan, jika memang yang dibahas sebagai topik seminar adalah hacking spesifik ke security, saya mestinya bisa menambah sedikit materi keamanan aplikasi dan sistem. O iya judul yang saya ajukan lagi sebagai opsi, biar ada kata “hacking”-nya: Hacking Aplikasi dan Sistem Linux.

Setelah sekian lama sepi tawaran “manggung” di luar kegiatan rutin, dalam 1-2 minggu ini orderan datang lagi. Acaranya seminar bertopik “Linux Hacking”, begitulah kira-kira.

Seminggu yang lalu saya bertemu dengan panitia, diajak rembug mengenai seminar yang akan mereka adakan awal November. Topiknya seperti yang disebutkan, kita membahas judul apa yang bisa dibahas dan siapa pembicaranya. Yang kita lihat pertama adalah kekhususan apa yang akan diberikan oleh seminar ini, dalam arti kata “fokusnya apa?”. Selain itu istilah hacking yang akan diseminarkan ini hacking sebenarnya atau cracking atau di antara keduanya? —grey/abu-abu. Seringnya sih untuk topik seperti ini masuk ke kategori abu-abu, karena memang menariknya di situ.

Setelah terlibat perbincangan, maka diputuskan untuk lebih ke network hacking, tapi nanti diarahkan ke sistem operasi Linux. Walaupun Linux sudah cukup terkenal dalam bidang ini, saya mengusulkan agar ada topik “Code Hacking”. Selain lebih banyak bersifat membangun, juga ada perkembangan di sisi topik yang sering ditawarkan.

Kemudian muncul coret-coretan seperti ini:

  • Pengenalan Linux, PLBOS, dan Hacking di Dalamnya, termasuk code hacking.
  • Linux Hacking (network).
  • Demo Linux Hacking.

Yang saya usulkan terakhir dimasukkan ke sesi pertama, karena topiknya bisa nyambung. Untuk sesi kedua dan ketiga sudah mulai netwok hacking dan demonya.

Nah, sekarang tinggal pembicaranya siapa? beberapa orang dan kelompok dimunculkan, disertai dengan pendapat tentangnya, seperti “A memang bisa Linux/PLBOS, tapi soal kayak gini beliau kurang menguasai”, “si B spesialisasinya Linux Desktop deh kayaknya”, “Wah, Z sepertinya terlalu script-kiddies, mungkin yang lain aja, gimana kalau Y?”, dan seterusnya. Berita terakhir, ujung-ujungnya, saya diminta untuk sesi pertama. Sesi kedua, tim dari echo, sepertinya mereka membawakan TCP/IP hacking, Bluetooth, SNORT. Sistem yang mereka bawa mestinya Ubuntu, karena kebanyakkan dari mereka adalah Ubuntuers –lihat ubuntulinux.or.id. Sesi ketiga, kalau tidak salah dari INIXINDO. Pasti Anda akan bilang kok nggak echo saja sekalian praktekin? tanya aja sama panitia.

Hari ini, sebelum jum’atan, saya harus menyerahkan judul presentasi, karena sore sudah akan dimasukkan ke publikasi untuk dibikin spanduk. Akhirnya saya putuskan saja untuk mengambil judul “Pengembangan Perangkat Lunak Bebas dan Distro Linux”. Yang nanti insya Allah akan saya ceritakan –sekalian brainstorming:

  • Linux dan PLBOS. Biasa.
  • Masa Depan Linux/PLBOS. Mungkin sekalian mitos di dalamnya, kalau iya, presentasi Greg K-H bisa jadi referensi
  • Model pengembangan dan sistem distribusinya. Kata kunci: distributed, indahnya kerjasama di antara para pengembang, …
  • Tool-tool pengembangan di Linux
    • aplikasi *dev* di sistem GNU/Linux, bagaimana menggunakannya
    • untuk pemrograman ini-itu pakai apa?
    • langkah-langkahnya, misal dari mengunduh, modifikasi dengan tool, hingga pemaketan, atau membuat dari awal sebuah perangkat lunak bebas
    • topik tambahan: lisensi PLBOS
  • Pengembangan distro Linux

Yang saya presentasikan mungkin hanya kulitnya saja, selain memang fokus seminar ada di topik jaringan dan juga saya sendiri masih belajar. Kalau ada pertanyaan ya akan saya jawab jika bisa :D

O iya seminar ini termasuk dalam rangkaian acara yang diselenggarakan panitia, kegiatan yang lainnya adalah Pameran Komputer, tempatnya juga sama di JEC.

Ada usulan atau komentar?

Iklan

5 thoughts on “Orderan Datang Lagi

  1. mas nya ini, lha wong klo njawab pertanyaan cuma mbleketa-mblekete dan malah ngalor-ngidul kok bisa2nya ngasih seminar. kasihan pesertanya. klo sekiranya belum mampu ato sebagainya mbok di tahan dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s