Bekerja dalam Waktu 48 Menit

Melanjutkan tulisan kemarin tentang Bekerja dengan Waktu Terbatas, dari successbeginstoday.org: The Power of 48 Minutes, Don Crowther dalam presentasinya di NSA Summer Symposium, mengatakan bahwa dengan mengeset 48 menit pada sebuah pewaktu, kemudian mengabaikan segala gangguan dan bekerja fokus pada rentang waktu tersebut, akan meningkatkan produktivitas kita. Dengan cara ini, yang dilakukannya secara kontinyu, Dia dapat menulis buku 200 halaman dalam waktu hanya 2 minggu.

Kuncinya adalah fokus pada satu pekerjaan. Kita bekerja pada 48 menit yang telah kita set, setelah berakhir, lakukan hal lain dalam waktu sisanya yaitu 12 menit, misal istirahat atau berjalan-jalan kecil di ruangan.

Dengan merencanakan 48 menit setiap hari untuk melakukan banyak hal, otak kita akan terset untuk bekerja fokus, ini yang kita butuhkan. Saya terus terang sering tidak fokus dalam mengerjakan beberapa pekerjaan, apalagi kondisi di rumah –bukan kantoran, yang membuat atmosfer santai, kita jadi cepat mengantuk atau melakukan hal lain di luar “kewajiban”.

Setelah berhasil melakukan satu hal dalam waktu 48 menit pertama, istirahat 12 menit, kemudian lanjutkan lagi 48 menit kedua, dan seterusnya, membuat kita harus melakukan perencanaan apa yang akan kita lakukan pada rentang pertama, kedua, sampai dengan waktu kerja berakhir. Dalam hal ini, waktu kerja saya hanya dibatasi oleh kebutuhan alami/pribadi :D

Yang saya lakukan adalah mencari pewaktu dalam boks Linux, dan mendapatkan KAlarm di KDE, Anda bisa pula mendapatkan aplikasi yang sejenis pada sistem operasi dan lingkungan desktop lainnya.

Luncurkan KAlarm, di tempat saya, Kuliax 6.0 RC1, dari menu K-Utilities-PIM-KAlarm. Kita harus membuat sebuah template untuk pewaktu dalam 48 menit.

KAlarm

Nilai ini bisa kita ubah, sesuaikan dengan keinginan Anda, tapi jangan terlalu singkat atau lama dan juga masih ada batasnya, misal 50 menit. Langkah-langkahnya pada KAlarm:

  • Klik File-Templates
  • Pada jendela Alarm Templates, klik New
  • Set nama template: 50 Minutes!
  • Di tab Alarm, set Action > Text: STOP! atau kata yang Anda inginkan
  • Set Time > Time from now: 00:50
  • Klik OK, template 50 menit sudah dibuat!

Untuk memulainya, klik menu Actions-New From Template-50 Minutes!, klik OK. Cara lain bisa dilakukan dengan meng-klik kanan di daftar kosong KAlarm, New From Template-50 Minutes!, dan klik OK.

KAlarm starts!

Pewaktu akan berjalan dan menunjukkan jam berapa waktu akan berakhir. Tutup KAlarm, Anda bisa mendapatkannya kembali pada System Tray. Ketika waktu 50 menit habis, kita akan “dikagetkan” dengan jendela peringatan KAlarm.

KAlarm System Tray

Lakukan pekerjaan Anda dan terus lakukan sesuai target, insya Allah jika dilakukan dengan tekun akan menghasilkan efektifitas dan produktifitas bekerja yang tinggi.

Iklan

2 thoughts on “Bekerja dalam Waktu 48 Menit

  1. stwn

    lho kan memang nggak selalu 48 menit, itu contohnya 50 menit. karena memang referensinya itu berjudul “kekuatan 48 menit”, ya sudah diikutkan dalam judul posting

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s